Alibaba Makin Moncer

Alibaba Makin Moncer

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 12 Agu 2016 14:06 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Alibaba baru saja melaporkan pencapaiannya di kuartal kedua 2016. Raksasa e-commerce asal China ini memperlihatkan pertumbuhan signifikan, terutama ketika dilihat dari pengguna mobile yang sudah melampaui pengguna desktop.

Pendapatan Alibaba naik ke angka 32,2 miliar yuan, 59% lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Angka tersebut mencatatkan sejarah sendiri bagi Alibaba, karena merupakan yang tertinggi sejak perusahaan yang didirikan Jack Ma ini menginisiasi penawaran saham perdana terbesar di Amerika Serikat pada September 2014.

Vice Chairman Alibaba Joe Tsai mengatakan, pertumbuhan Alibaba banyak didorong dari performa pengguna mobile. Pendapatan mobile dari Alibaba naik lebih dari dua kali lipat menjadi 17,5 miliar yuan, dan jumlah pengguna aktif mobile bulanan meningkat 39%.

"Kami benar-benar sukses di mobile. Kami menunjukkannya," kata Tsai seperti dikutip dari CNBC, Jumat (12/8/2016), seraya menambahkan bahwa 75% volume barang kotor dan kunci metrik berasal dari mobile.

"Kami datang sejak dua tahun lalu, ketika orang mengkhawatirkan masalah itu. Dan hari ini Alibaba melaporkan bahwa monetisasi pengguna mobile kami telah melampaui monetisasi pengguna di PC," tambahnya.

Dikatakan Tsai, Alibaba saat ini punya 427 juta pengguna aktif bulanan, dan rata-rata intensitas pengguna membuka aplikasi naik tujuh kali dalam sehari.

"Frekuensi keterlibatan pengguna dengan aplikasi yang begitu tinggi membantu kami memonetisasi basis pengguna," pungkasnya. (rns/fyk)