Rabu, 20 Jul 2016 11:42 WIB

Dibeli Yahoo Triliunan, Nasib Tumblr Malah Merana

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Tumblr Foto: Tumblr
FOKUS BERITA Yahoo Dijual
Jakarta - Akuisisi yang dilakukan Yahoo kadang berujung pada kegagalan. Tak terkecuali Tumblr yang dibeli Yahoo senilai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun di tahun 2013. Di tangan Yahoo, nasib situs blog itu ternyata merana.

Dalam laporan keuangan terbarunya, Yahoo memutuskan melakukan pemangkasan nilai Tumblr sebesar USD 482 juta. Padahal Februari lalu, nilai Tumblr juga sudah diturunkan Yahoo sebesar USD 230 juta.

Dikutip detikINET dari Business Insider, Rabu (20/7/2016), Yahoo tampaknya sudah tidak terlalu menganggap Tumblr. Pendapatan dan cash flow Tumblr mereka prediksi makin anjlok di masa depan. Kritikan pun mengarah pada CEO Yahoo Marissa Mayer yang dinilai sembarangan membeli Tumblr.

"Tumblr sepertinya akan menjadi akuisisi teknologi terburuk di dekade ini dan menggambarkan seperti apa kepemimpinan Mayer sebagai CEO," kata Scott Galloway, profesor marketing di New York University.

Scott menilai kalau sedari awal, Yahoo membeli Tumblr terlalu mahal. Saat dibeli tahun 2013 itu, Tumblr dalam situasi mengalami rugi. Tumblr juga memiliki citra buruk karena banyak blog bernuansa mesum. Itu membuat pengiklan enggan berpromosi melalui Tumblr.

"Merek terkenal tidak akan mau mengambil risiko yang terjadi kalau beriklan di Tumblr ketika mereka punya banyak pilihan lain yang lebih baik dan lebih aman," paparnya.

Secara keseluruhan, Yahoo sendiri juga kepayahan dan belakangan mencari pembeli untuk beberapa unit bisnisnya. Marissa Mayer juga sudah beberapa kali didesak mundur meskipun sampai sekarang masih bertahan.
(fyk/ash)
FOKUS BERITA Yahoo Dijual

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed