Apple Suntik Dana Rp 13 Triliun ke Pesaing Uber

Apple Suntik Dana Rp 13 Triliun ke Pesaing Uber

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 13 Mei 2016 14:04 WIB
Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Demi menambah wawasan Apple terhadap kondisi pasar di China, Apple menyuntikkan dana sebesar USD 1 miliar atau sekitar Rp 13 triliun ke Didi Chuxing -- dulu Didi Kuaidi -- yang merupakan pesaing Uber di China.

Kepastian ini dikatakan oleh CEO Apple Tim Cook Kamis (12/5/2016), yang sepertinya juga menjadi salah satu cara Apple untuk melunakkan pemerintah Negeri Tirai Bambu tersebut, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (13/5/2016).

Menurut Cook, ia melihat adanya kesempatan bagi Apple dan Didi Chuxing untuk berkolaborasi di masa yang akan datang. "Kami melakukan investasi ini dengan sejumlah alasan strategis, termasuk kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai segmen tertentu di pasar China," ujarnya.

Namun selain untuk menambah wawasan, Cook juga percaya kalau investasinya di Didi Chuxing ini akan menghasilkan pendapatan yang besar suatu waktu nanti. Dalam pernyataannya, Didi Chuxing menyebut investasi Apple ini sebagai pendanaan tunggal terbesar yang pernah mereka terima.

Sebelumnya mereka juga mendapat sejumlah pendanaan senilai miliaran juta dolar. Dengan investasi yang mereka dapatkan itu, Didi Chuxing mengklaim telah mendominasi pasar ride sharing di China, dengan 11 juta perjalanan tiap harinya. (asj/fyk)