Ridwan Kamil Minta Facebook Siapkan Platform Pembayaran UKM

Ridwan Kamil Minta Facebook Siapkan Platform Pembayaran UKM

Tya Eka Yulianti - detikInet
Senin, 15 Feb 2016 08:08 WIB
Foto: tya/detikcom
Jakarta - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berpesan kepada Facebook untuk menyiapkan platform pembayaran untuk diterapkan dalam sistem bisnis Facebook untuk UKM di Kota Bandung.

Emil, begitu Ridwan Kamil biasa disapa tak ingin para pelaku UKM kebingungan saat harus bertransaksi dengan customernya di luar Indonesia. Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara workshop bersama Facebook di Pendopo Jalan Dalem Kaum.

"Saya titip pada Facebook supaya disiapkan mekanisme pembayarannya seperti apa. Harus ada platformnya, jangan sampai terkendala transaksinya," ujar Emil di Bandung, Minggu (14/2/2016).

Selama ini para pelaku UKM kebanyakan bertransaksi dengan pembeli di dalam negeri. Namun jika mereka sudah mulai membuka diri ke pasar yang lebih luas, maka sistem pembayaran harus dibuat lebih mudah.

"Kalau di Indonesia kan enggak masalah, tapi saat dengan orang (negara) lain itu gimana. Jadi gimana caranya supaya UKM ini bisa tetap bertransaksi, menerima duit dengan bahasa yang dimengerti," tuturnya.

Seperti diketahui, ada 300 pelaku UKM di Kota Bandung yang ikut dikumpulkan. Mereka diundang untuk mendapatkan workshop, sebelum nantinya mereka akan disatukan dalam sebuah platform bisnis yang akan disiapkan Facebook.

"Kami memiliki program secara global untuk membantu pelaku UKM supaya bisa memiliki kesempatan mempromosikan produknya secara online melalui Facebook," ujar Clair Deevy, Head of economic growth initiatives, APAC for Facebook.

Nantinya, Facebook akan memberikan serangkaian training untuk mendukung para UKM yang diundang supaya siap untuk berjalan secara online melalui Facebook. Deevy berharap, para pelaku UKM ini bisa memaksimalkan Facebook untuk kemajuan bisnisnya. (tya/rou)