Selasa, 15 Des 2015 10:12 WIB

Toshiba akan PHK Ribuan Karyawan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi (reuters) Ilustrasi (reuters)
Jakarta - Sebagai langkah efisiensi, Toshiba dikabarkan akan melakukan PHK ribuan karyawannya. Media Nikkei di Jepang menyebutkan, PHK akan menimpa sampai 7.000 karyawan.

Dikutip detikINET dari Reuters, sebagian besar dari karyawan yang kena PHK bekerja di segmen lifestyle, yang di antaranya mencakup produk untuk konsumer. Sebelumnya sudah diberitakan Toshiba berencana keluar dari bisnis televisi dan menjual pabriknya di luar negeri, termasuk di Indonesia.

Menurut Nikkei, Toshiba juga akan menurunkan secara drastis operasional pabriknya yang berlokasi di Ome, Tokyo. Pabrik tersebut memproduksi perangkat komputer serta televisi. Toshiba belum memberikan komentar soal kabar ini.

Toshiba memang sedang ditimpa berbagai masalah. Terutama skandal keuangan yang melibatkan CEO Hisao Tanaka dan eksekutif senior lain. Mereka sudah lengser bulan Juli lalu karena dinilai bertanggungjawab dalam skandal akuntansi terbesar di Jepang dalam beberapa tahun belakangan.

Analisis dari pihak independen menemukan kalau sang CEO turut mengetahui kalau Toshiba menaikkan jumlah keuntungan dari sebenarnya, hingga angka USD 1,2 miliar.

(fyk/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed