Rabu, 04 Nov 2015 10:47 WIB

Banyak Utang Karena Akuisisi EMC, Dell Jual Aset Rp 135 Triliun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Dell (gettyimages) Dell (gettyimages)
Jakarta - Dell telah sepakat membeli perusahaan storage data EMC senilai USD 67 miliar, akuisisi terbesar sepanjang masa di jagat teknologi. Untuk mengurangi beban utang karena akuisis EMC ini, Dell dikabarkan akan menjual sebagian asetnya.

Dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (4/11/2015), menurut sumber terkait aset yang dijual nilainya USD 10 miliar atau sekitar Rp 135 triliun. Dell memang akan menanggung utang tidak sedikit untuk mencukupi biaya pembelian EMC, diperkirakan sekitar USD 49,5 miliar.

Dell sepertinya menjual aset yang dianggap kurang penting bagi mereka. Misalnya solusi manajemen TI Quest Software, penyedia enskripsi email AppAssure serta penyedia layanan TI Perot System. Penjualan tidak termasuk aset hardware Dell seperti server.

Ketika dimintai komentar soal kabar ini, juru bicara Dell menolak membicarakannya. Dan belum jelas pihak mana yang tertarik pada aset Dell yang akan dijual tersebut.

Seperti diberitakan, Dell bulan lalu sepakat membeli EMC USD 67 miliar. Pembelian ini diyakini Michael Dell, pendiri Dell, akan menjadikan perusahaannya raksasa di dunia TI. Masuk akal memang karena EMC adalah perusahaan teknologi besar. Apalagi mereka juga memiliki VMWare, perusahaan virtualisasi terkemuka.

Proses transaksi diperkirakan selesai antara bulan Mei sampai Oktober 2016. EMC kemudian akan menjadi perusahaan privat seperti Dell sedangkan VMWare tetap berjualan saham di pasar bursa.

(fyk/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed