Kamis, 11 Apr 2013 11:20 WIB

Penjualan Komputer Terjun Bebas

- detikInet
Ilustrasi (cbc) Ilustrasi (cbc)
Jakarta - Penjualan komputer yang terdiri dari dekstop dan laptop, turun 14% dalam tiga bulan pertama tahun 2013, dibandingkan periode yang sama tahun 2012. Demikan terungkap dalam laporan terbaru biro riset IDC.

Ini adalah rekor penurunan terbesar sejak IDC melakukan riset di tahun 1994. Adapun biro riset Gartner mencatat penurunan sebesar 11%.

Konsumen tampaknya semakin meminati tablet dan smartphone ketimbang membeli PC baru. Upaya Microsoft memperkenalkan sistem operasi Windows 8 yang dirancang bekerja sama baiknya di PC maupun tablet masih menemui jalan terjal.

"Konsumen bermigrasi dari PC ke perangkat seperti tablet dan smartphone untuk mengkonsumsi konten. Bahkan di negara berkembang di mana penetrasi PC masih rendah, tetap tidak bisa diharapkan menjadi lahan pertumbuhan," kata Mikako Kitagawa, analis di Gartner.

Kehadiran versi baru sistem operasi Windows biasanya mendongkrak penjualan PC. Namun Windows 8 tampaknya belum ampuh untuk memperbaiki pasar PC.

"User menilai Windows 8 menawarkan pengalaman yang tanggung sebagai interface mobile baru ataupun penampilan dekstop klasik," kata Jay Chou, analis senior di IDC yang detikINET kutip dari Reuters, Kamis (11/4/2013).

Produsen komputer terbesar dunia masih dipegang Hewlett Packard dengan pangsa pasar 15,7% meski mengalami penurunan penjualan 24%. Diikuti Lenovo yang menempel ketat dengan market share 15,3%.




(fyk/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed