Rabu, 27 Mar 2013 14:32 WIB

IDC: Pengapalan Tablet Segera Lampaui Komputer

- detikInet
Ilustrasi (ist) Ilustrasi (ist)
Jakarta - Pengapalan ponsel cerdas dan tablet PC terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan di akhir 2013 ini jumlahnya diprediksi akan terus meningkat melampaui jumlah pengirimkan komputer.

International Data Corporation (IDC) mencatat ada sekitar 1 miliar perangkat genggam yang dikapalkan di 2012 dengan nilai transaksi sekitar USD 576,9 miliar. Jumlah ini meningkat 29,1% dibanding tahun sebelumnya.

Di akhir 2013 nanti IDC memperkirakan pengapalan tablet PC akan tumbuh sebesar 48,7%. Jauh lebih besar dari penjualan PC desktop atau pun laptop.

"Di negara berkembang, biasanya konsumen mulai membeli ponsel lalu kemudian beralih ke tablet sebelum akhinya membeli komputer," jelas Megha Saini, Research Analyst Worldwide Smart Connected Device Tracker untuk IDC.

Namun bukan cuma disalip oleh tablet. Jumlah pengapalan komputer di akhir 2013 ini juga diprediksi akan turun sebesar 4,3%. Sedangkan laptop, diprediksi permintaannya masih cukup baik meski dengan peningkatan tak lebih dari 0,9%.

"Tekanan terhadap industri komputer meningkat secara tajam, dan kali ini bisa menurunkan jumlah pengapalanya," tutup Saini, dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (27/3/2013).




(eno/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed