HTC Diprediksi Makin Suram di 2013

HTC Diprediksi Makin Suram di 2013

- detikInet
Rabu, 02 Jan 2013 15:38 WIB
Taiwan - 2012 bukanlah tahun yang baik bagi HTC, penjualan ponsel produsen asal Taiwan itu merosot dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal serupa juga diprediksi akan terjadi di 2013 ini.

Laporan penjualan smartphone HTC hingga November 2012 memang kurang menggembirakan. Meski mereka berhasil meraup pendapatan sampai USD 732 juta, tapi secara umum penjualan ponsel HTC menurun hingga 31,4% dibanding tahun sebelumnya.

Kondisi yang kurang baik ini disinyalir memaksa HTC untuk mengurangi jumlah ponsel mereka di 2013. Namun para pengamat psimistis hal ini bisa membantu kondisi keuangan mereka yang kian memburuk.

"Tahun lalu pengapalan smartphone HTC mencapai 53 juta unit, tahun ini mungkin turun menjadi 40 juta unit," kata Sam Shen, Direktur Market Intelligence and Consulting Institute, sebagaimana dikutip detikINET dari Channel News Asia, Rabu (2/1/2013).

Prediksi tersebut bukan tanpa alasan. Meski permintaan smartphone diprediksi bakal meningkat di 2013, tapi HTC harus bersaing dengan berbagai vendor di segmen yang berbeda.

"Di segmen kelas atas, HTC akan berkompetisi dengan Apple dan Samsung. Sedangkan di kelas bawah akan bersaing dengan Huawei Technologies dan ZTE. Ini akan sangat sulit," tambah Masson Li, co-vice president dari Taishin Securities Investment Advisory.

Untuk mengejar ketinggalannya, HTC telah memperkuat eksistensi mereka di China sebagai pangsa pasar terbesar. Tapi lagi-lagi mereka akan dihadang oleh para produsen ponsel lokal yang kian tumbuh.


(eno/ash)