Jumat, 23 Jan 2009 10:10 WIB

Microsoft Lakukan PHK Terbesar Sepanjang Sejarah

- detikInet
New York - Prediksi PHK besar-besaran di Microsoft akhirnya sungguh terjadi. Perusahaan software raksasa ini mengumumkan secara resmi akan melakukan PHK terhadap 5000 pekerjanya.

"Aktivitas ekonomi melambat di luar harapan kami sehingga kami bertindak cepat untuk menekan struktur ongkos dan mengurangi imbas krisis," terang Chief Financial Officer Microsoft, Chris Liddel yang dilansir TechRadar.

PHK ini, yang bertujuan untuk menghemat biaya perusahaan sampai US$ 1,5 miliar per tahun adalah yang terbesar dan pertama kalinya sejak perusahaan Amerika Serikat itu didirikan pada tahun 1975.

Langkah PHK terpaksa ditempuh karena anjloknya pendapatan kuartal kedua tahun fiskal Microsoft. Dilansir AFP dan dikutip detikINET, Jumat (23/1/2009), keuntungan perusahaan turun 11 persen dari periode tahun sebelumnya menjadi US$ 4,17 miliar.

Jumlah pendapatan mencapai US$ 16,63, meleset dari target yang diperkirakan di atas US$ 17 miliar. Hal ini dipicu anjloknya penjualan di segmen Windows sebesar 8 persen. Penjualan divisi bisnis yang memasarkan software Office hanya naik 1 persen dan unit game yang membidani Xbox naik 3 persen.

Karena krisis ekonomi diperkirakan baru akan pulih dalam waktu yang lama, pendapatan Microsoft diprediksi tetap anjlok di kuartal berikutnya.

"Meski kami tidak kebal terhadap efek ekonomi, saya percaya diri dengan kekuatan portofolio produk kami," kata CEO Microsoft Steve Ballmer yang mencoba tetap optimistis.

Sharing info soal Microsoft? Gabung di detikINET Forum!

(fyk/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed