Kamis, 15 Jan 2009 14:47 WIB

Google Pecat 100 Orang

- detikInet
California - Google resmi melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada 100 orang pegawainya. Hal ini diumumkan secara resmi oleh perusahaan tersebut setelah sempat beredar rumor pada November 2008.
 
Pemecatan ini dilakukan terhadap satu jenis pekerjaan saja, yaitu para Recruiter alias orang-orang yang bertugas mencari karyawan baru. Hal ini mengindikasikan Google hanya akan melakukan jauh lebih sedikit perekrutan karyawan baru dalam waktu dekat.

Laszlo Bock, Vice President for People Operations di Google mengatakan perusahaan itu masih akan melakukan rekrutmen di 2009. "Google masih mencari karyawan baru, tapi dengan kelajuan yang rendah. Melihat kondisi ekonomi saat ini, kami menyadari bahwa kami perlu lebih sedikit orang yang terfokus pada rekrutmen," tuturnya di blog resmi Google yang dikutip detikINET, Kamis (15/1/2009).

Jumlah yang di-PHK itu adalah seperempat dari petugas rekrutmen yang ada di raksasa internet tersebut. Google sendiri memiliki 20.000 pegawai yang tersebar di seluruh dunia.

Dikutip detikINET dari NYTimes, Kamis (15/1/2009), saat ditanya apakah akan ada penghentian lagi ke depannya, juru bicara Google, Matt Furman mengatakan bahwa mereka belum memiliki rencana apapun.

Selain pemecatan, Google juga memutus kontraktor dan melakukan penurunan pemberian hadiah tahunan pada karyawannya. Beberapa kantor Engineering Google pun ditutup, yaitu yang berlokasi di Austin, Phoenix, Norwegia dan Swedia. Namun penutupan itu tak dibarengi pemecatan melainkan hanya relokasi pekerjanya ke kantor lain.

Beberapa proyek yang kurang laku pun rencananya akan dihentikan oleh Google, termasuk Catalog Search, Notebook, Jaiku dan Dodgeball. Ternyata, sang raksasa ini ikut pontang-panting karena krisis global.

(wsh/wsh)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed