Rabu, 28 Mar 2018 20:17 WIB

Ngopi bareng detikINET

Ternyata Ini Fungsi Angka Diafragma di Kamera Smartphone

Moch Prima Fauzi - detikInet
Enche Tjin di acara Ngopi bareng detikINET (detikINET/Achmad Rouzni Noor II) Enche Tjin di acara Ngopi bareng detikINET (detikINET/Achmad Rouzni Noor II)
Jakarta - Pada sebuah kamera biasanya terdapat angka yang ditampilkan dengan simbol f/. Itu merupakan ukuran untuk diafragma yang dimiliki suatu lensa pada kamera.

Diafragma atau apperture berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam sensor. Semakin kecil angka diafragma, maka semakin banyak cahaya yang bisa diserap oleh sensor.

Lensa itu tempat masuknya cahaya makin kecil angka diafragma, maka semakin banyak cahaya yang masuk. Untuk ukuran f/1.5 sendiri sudah terbilang besar karena biasanya f/2, f/5. Jadi Samsung sedikit push the limit. Bukaan besar berarti 'corongnya' besar," ujar Fotografer Profesional Enche Tjin di Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Acara Ngopi detikiNET sendiri mengulas soal kemampuan pada kamera Galaxy S9 dan S9+ di Samsung Galaxy International Experience Store di Lotte Shopping Avenue bertajuk 'Everyday Epic'.

Ternyata Ini Fungsi Angka Diafragma di Kamera SmartphoneFoto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II


Menurut Enche kemampuan yang paling disukainya adalah adanya bukaan f/1.5 yang terdapat pada kamera Galaxy S9+. Itu membuatnya bisa memotret dalam keadaan minim cahaya.

Selain itu ia juga menganggap kamera ganda di Galaxy S9+ juga jadi keunggulan. Hasilnya bisa setara dengan lensa 50 mm pada kamera digital.

"Kualtias low light-nya sangat bagus karena bukaanya f/1,5 itu karena besar sekali mungkin mencatat rekor. F/1.8 itu sebenarnya cukup besar dan sensorya besar 1,55 inch jadi berasa kamera dedicated," ujar Enche.

"Kemudian ada dual camera jadi beli satu handphone dapat dua kamera dan hasil kamera belakangny meyerupai lensa 50 mm di kamera digital," sambungnya.

[Gambas:Video 20detik] (fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed