Kamis, 01 Sep 2016 10:03 WIB

Ngopi Bareng detikINET

Selain Konten Menarik, Ini Cara Vlogger Jaring Subscriber

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Punya banyak subscriber merupakan dambaan setiap vlogger atau YouTuber. Sebut saja PewDiePie yang memiliki 47,5 juta subscriber atau Raditya Dika yang digandrungi hampir 2 juta subscriber.

Tentu tidak mudah untuk bisa menggaet pelanggan dengan jumlah ratusan ribu atau bahkan jutaan. Selain konten yang disodorkan harus menarik, ada trik lain yang diklaim mampu meningkatkan jumlah subscriber.

Ditemui usai acara Ngopi detikINET bersama Galaxy Note 7, Selasa (30/8/2016), videografer yang merangkap sebagai seorang vlogger, Anggun Adi mengatakan bahwa cara paling ampuh menambah subscriber adalah dengan melakukan kolaborasi dengan YouTuber lain.

Namun dengan catatan vlogger atau YouTuber yang diajak kolaborasi sebisa mungkin harus yang memiliki subscriber yang banyak.

"Saya terakhir berkolaborasi dengan channel YouTube Sobat Hape. Dan sejak saat itu saya merasakan dampak dengan pertumbuhan jumlah subscriber di channel YouTube saya," ujar pria yang memiliki nama panggung GoenRock itu.

Senada dengan GoenRock, vlogger cantik Han Yoo Ra juga mengakui bahwa kolaborasi dengan vlogger lain menjadi ide yang cemerlang untuk menambah jumlah subscriber. Hanya saja, sebelum benar-benar berkolaborasi, Yoo Ra menegaskan bahwa si vlogger harus menjadi dirinya sendiri.

"Kita harus punya karakter diri kita sendiri di channel. Jadi pada saat orang lain melihat kita di channel orang lain pasti penonton akan berpikir 'Eh kok lucu sih. Itu siapa?' dan pada saat klik channel kita kalau kontennya tidak seru pasti tidak akan subscribe. Pada akhirnya kita hanya jadi orang yang pernah muncul di channel lain," ujar Yoo Ra panjang lebar.

Yoo Ra sendiri pernah berkolaborasi dengan YouTuber ternama lainnya, salah satunya adalah Edho Zell dan Last Day Production. "Ngaruh banget, subscriber aku jadi bertambah dengan kolaborasi dengan keduanya," pungkas Yoo Ra. (mag/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed