BERITA TERBARU
Rabu, 31 Ags 2016 10:22 WIB

Ngopi Bareng detikINET

Memilih Smartphone Ideal untuk Vlogging

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Membuat vlog alias video blog itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Termasuk dalam memilih perangkat untuk merekam. Sebagian besar tentu memilih memakai smartphone yang praktis dan mampu mengabadikan video yang bagus.

Menurut gagdet enthusiast Lucky Sebastian, memang banyak pendapat yang mengatakan gear atau perangkat untuk vlogging tidak terlalu penting. Namun sebenarnya, selain konten yang baik, memilik perangkat atau smartphone yang bagus sangat krusial.

"Kenapa harus pilih smartphone yang bagus? Ya kalau smartphone bagus bisa digunakan all in one dan bisa berfungsi seperti PC," kata Lucky dalam acara Ngopi bareng detikINET dan Samsung.

Smartphone yang kemampuannya baik akan memudahkan pengguna misalnya dalam mengedit dan merekam video berkualitas tinggi. "Ingat kalau jadi vlogger itu banyak saingan. Ada semiliar video di YouTube sehingga kalau mau bersaing video Anda harus bagus dengan smartphone yang bagus," paparnya.

Ia menambahkan alangkah baiknya memilih smartphone dengan fitur dan kualitas video bagus, seperti kemampuan rekam video 4K dan Optical Image Stabilization atau OIS. OIS ini dibutuhkan untuk mencegah video yang direkam goyang-goyang.

Smartphone dengan kamera yang mampu mengunci fokus dengan cepat juga bisa dipilih. Sehingga menurut Lucky jika mau promosi barang di video misalnya, dapat terlihat dengan baik, tidak menunjukkan gejala kabur.

Komponen penting lain yang kadang dianggap remeh dalam membuat vlog adalah mic. Padahal perlu dipastikan agar ponsel cerdas yang dililih mampu merekam suara yang berkualitas tinggi.

Lebih bagus lagi jika handset tersebut tahan air dan debu, serta tetap dapat digunakan dalam banyak kondisi. "Karena tahan air, misalnya saat mandi biasanya keluar ide-ide yang paling bagus. Jadi ketika mandi terus dapat ide bisa langsung dicatat," tambahnya.

Lucky juga memberikan sedikit kiat pada yang mau berkecimpung di dunia vlog bahwa 10 detik pertama di awal video akan menentukan minat orang, sehingga vlogger harus kreatif. "Tiap kali mulai, jangan harap video kita langsung bagus. Tapi jangan kebanyakan mikir juga, langsung aja bikin videonya," pungkasnya.
(fyk/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed