Cerita Rinni 'Idol' Sukses Lewat Medsos

Ngopi bareng detikINET

Cerita Rinni 'Idol' Sukses Lewat Medsos

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 25 Feb 2016 21:08 WIB
Rinni Wulandari (asj/inet)
Jakarta -

Bagi entertainer seperti Rinni Wulandari, media sosial (medsos) sangat penting untuk menunjangnya berkarya. Penyanyi jebolan salah satu ajang pencarian bakat ini punya pengalaman menarik menggunakan medsos.

"Lagu 'Oh Baby' itu dulu terkenal di medsos dulu baru diputar di radio-radio," kata gadis yang juga dikenal sebagai Rinni 'Idol' ini di acara Ngopi bareng detikINET, di Brewerkz, Senayan City, Kamis (25/2/2016).

Rinni bercerita, kala itu dirinya benar-benar mengandalkan promosi dengan biaya paling murah, namun lagunya bisa menimbulkan gaung dan didengar banyak orang.

"Waktu itu aku benar-benar indie, mulai dari nol dengan budget minim. Dari Twitter, Path, YouTube, iTunes, kita bisa masuk tanpa bayar. Aku mulai dengan nge-play sendiri di medsos, orang kan jadi nanya-nanya," kisahnya.

Lama-kelamaan, lagu beraliran R&B tersebut menjadi viral. Fans Rinni kemudian dengan sukarela membantu mempromosikan dengan me-mention akun Rinni dan memberitahukan lagu tersebut ke radio-radio. Yang menarik, 'Oh Baby' lebih dahulu menarik perhatian radio di luar negeri.

"Waktu itu dari Jepang notice karena orang nge-play dan mention. Masuk di chart radio US juga. Baru kemudian radio Indonesia nge-play juga," kata Rinni.

Hasil usahanya ini tentu membuat Rinni bangga. Apalagi sebelumnya banyak yang meragukan pasar penyanyi R&B Indonesia. Nyatanya, Rinni membuktikan karyanya disambut baik.

"Medsos jadi penting banget untuk entertainer, karena zaman sekarang di mana lagi kita bisa promo sesuka hati dan free juga, as long as internetnya bagus ya," simpul Rinni

Ngopi bareng detikINET kali ini bekerjasama dengan IM3 Ooredoo.

(rns/yud)