Smartphone Menggurita, PC Desktop Bisa Punah

Ngopi Bareng detikINET

Smartphone Menggurita, PC Desktop Bisa Punah

Yudhianto - detikInet
Jumat, 05 Feb 2016 07:57 WIB
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Popularitas smartphone yang telah mendunia ternyata memberikan efek negatif ke perangkat lainnya. Ya, PC desktop yang dulunya diminati, dalam beberapa tahun ke depan diprediksi bakal punah.

Alasannya karena smartphone jauh lebih mobile sehingga tidak membatasi ruang gerak penggunanya. Bahkan sudah sangat terlihat sekarang kalau PC desktop atau notebook telah sepenuhnya digantikan oleh smartphone yang lebih praktis.

"Saya percaya desktop akan punah, image-nya lambat laun telah dikalahkan oleh perangkat mobile," ujar Achmad Zaky, CEO Bukalapak, di acara Ngopi bareng detikINET bersama Samsung Galaxy Note 5, di FX Sudirman, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Meski demikian bukan berarti PC desktop benar-benar akan mati, perangkat ini akan tetap digunakan namun untuk kebutuhan yang butuh komputasi tinggi. Ke depannya PC desktop akan lebih familiar dipakai untuk kebutuhan pemrograman, convert video, atau sebagai workstation.

Smartphone sendiri diprediksi akan benar-benar mendunia pada lima tahun ke depan. Ketika itu smartphone tak hanya akan mendominasi di perkotaan saja, pengguna di pedesaan juga akan familiar dengan penggunaan smartphone.

"Setidaknya dalam tiga tahun ke depan smartphone sudah akan masuk ke kampung-kampung. Petani-petani atau pedagang-pedagang di kampung akan familiar dengan smartphone," imbuhnya.

(yud/rou)