Visual Cantik Jadi Kunci Berjualan Online

Ngopi Bareng detikINET

Visual Cantik Jadi Kunci Berjualan Online

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Kamis, 04 Feb 2016 20:09 WIB
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Tak dipungkiri tren berjualan secara online saat ini tengah mewabah di kalangan pengguna gadget, baik di dunia maupun di Indonesia. Nah, agar jualan kita laku keras tentu diperlukan usaha tersendiri, termasuk mempercantik tampilan dari barang dagangan.

"Kunci online shop ini sebenarnya adalah visual. Foto ini sangat berpengaruh. Kalau foto menarik, konsumen atau calon pembeli akan tertarik. Justru sebaliknya, kalau foto kurang bagus orang akan skip," tutur Lucky Sebastian, seorang gadget enthusiast yang menjadi narasumber acara Ngopi detikINET bareng Samsung di Tartine, FX Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Foto bagus menurut Lucky tak harus dengan menggunakan kamera profesional. Bisa saja dengan memanfaatkan kamera smartphone, asal harus didukung dengan ide kreatif.

"Pilih smartphone dengan kamera yang bagus dan fitur filter atau efeknya banyak. Saya kira smartphone saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan kamera dan efek yang bagus," imbuh Lucky mencontohkan Samsung Galaxy Note 5 yang kameranya mumpuni.

Ia pun mencontohkan dengan barang dagangan yang dijual oleh istrinya. Ketika difoto dengan kondisi biasa, maka hasilnya akan terlihat biasa.

Agar terlihat menarik, Lucky kemudian membuat sebuah studio foto mini yang dibuat hanya menggunakan kardus. Hasilnya pun terlihat berbeda, dimana komposisi warna yang ditampilkan lebih menarik dari foto biasa.

Terakhir yang tak kalah penting dalam berjualan online selain visual adalah melakukan maintain media sosial. "Semakin Anda aktif di media sosial, semakin konsumen percaya dengan Anda. Artinya orang akan berpikir bahwa Anda sebagai penjual bisa dihubungi kapan saja karena eksistensi tadi," tandas Lucky.

 

Ngopi Bareng detikINET 'Dongkrak Jualan Online via Smartphone' didukung oleh Samsung.

(mag/fyk)