Pintar-pintar Memilih Endorser bagi Pebisnis Online

Ngopi bareng detikINET

Pintar-pintar Memilih Endorser bagi Pebisnis Online

M. Alif Goenawan - detikInet
Rabu, 10 Jun 2015 20:55 WIB
Jakarta - Tren jual beli online terus diminati. Nah, agar barang dagangannya laris manis, para penjual kerap menggandeng mitra endorse. Pun begitu, penjual nyatanya dituntut untuk cermat dalam memilih 'bintang iklannya' itu.

Seperti yang dialami oleh Poetry Gladies, penjual brownies asal Bandung yang tenar dengan ID @dapurgladies. Menjelang bulan Ramadan, Gladies justru lebih agresif dalam berpromosi. "Kalau promosi sih masih. Alhamdulillah untuk urusan endorsement saya tidak pernah bayar. Karena dari awal memulai usaha saya sudah banyak kenal dengan para food blogger, buzzer, dan seleb tweet. Intinya itu sih, pendekatan," papar Gladies saat berbicara di event Ngopi bareng detikINET di Conclave, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Ia melanjutkan, sangatlah penting bagi para penjual untuk cermat dalam memilih mitra endorse. Ganteng dan menarik bukan acuan utama dalam memilih mitra endrose untuk produknya.

"Harus disesuaikan dengan produknya sih. Misalnya aku nih, karena barang dagangan aku ini produk makanan, jadi aku lebih memilih mitra endorse semisal food blogger atau mungkin seleb tweet tapi yang hobi memasak. Jadi, apa yang di-tweet bisa tepat sasaran," papar Poetry.

Itu kalau dari sisi penjual, lalu bagaimana dari sisi orang yang di-endorse? Sama halnya dengan yang diutarakan oleh Gladies, Selebgram Shella Alaztha nyatanya juga punya kriteria sendiri dalam menerima tawaran endorsement yang ditawarkan untuknya.

"Kalau aku biasanya nanya-nanya dulu. Seperti apa produknya dan siapa sasarannya? Karena aku berkecimpung di dunia modelling, jadi biasanya aku lebih sering menerima tawaran endorse produk fashion," papar Shella.

Lebih lanjut, finalis Hijab Hunt 2012 ini pun memaparkan tips agar bagaimana caranya dirinya selalu dilirik oleh para peng-endorse. "Biasanya aku suka posting foto-foto menarik di beberapa akun media sosial. Dengan begitu, para peng-endorse bisa tertarik dan memercayakan produknya dipakai olehku," pungkasnya.



(ash/ash)