Sharing Harus Disaring Agar Gak Pusing

Ngopi bareng detikINET

Sharing Harus Disaring Agar Gak Pusing

- detikInet
Sabtu, 25 Apr 2015 15:52 WIB
Banyuwangi -

Main media sosial memang mengasyikkan. Namun awas, jangan kebablasan, termasuk untuk urusan sharing yang terkait informasi personal.

Aris Sudewo, GM Digital Lifestyle Marketing Telkomsel mengungkapkan, aksi sharing yang kebablasan kerap ditemui di berbagai layanan internet, mulai dari Twitter, Facebook, ataupun yang berbasi GPS.

Banyak yang seharusnya tak perlu dibagi-bagi ke dunia maya namun malah disebar begitu saja tanpa rasa bersalah. Seperti misalnya adalah nomor telepon di akun Twitter. Terkesan sepele namun bisa memancing kejahatan yang tak diinginkan. Namun lain halnya kalau informasi kontak tersebut untuk keperluan profesional (bisnis).

"Dari teman-teman pengguna media sosial, apa yang dialami pasti di-sharing di media sosial. Padahal alangkah baiknya kalau yang di-sharing yang baik pula," katanya dalam cara Ngopi bareng detikINET dengan tema 'Digital Kreatif' di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Sabtu (25/4/2015).

Menurut Aris, smartphone memang menyimpan banyak fitur dan kemampuan. Tetapi penggunaan fitur-fitur ini juga ada batasan dalam penggunaannya.

"Kalau tak ada batasan maka tak bisa dikontrol sehingga kebablasan," pungkasnya.

Nah, untuk menggiatkan kampanye 'Jangan Asal Internetan', Telkomsel punya membuat video menarik yang bisa menjadi bahan pembelajaran netizen.



(ash/asj)