Selasa, 10 Mar 2015 21:01 WIB

Ngopi Bareng detikINET

Kisah di Balik Video 'Demi Tuhan' Arya Wiguna

- detikInet
Suasana Ngopi (rou/inet) Suasana Ngopi (rou/inet)
Jakarta -

Banyak cara kreatif untuk mempopulerkan sebuah video di YouTube. Contohnya yang dilakukan Eka Gustiwana dengan membuat video modifikasi suara dan musik di YouTube, istilahnya adalah speech composing.

Jadi, yang dilakukan oleh Eka adalah memodifikasi berbagai video menjadi satu kesatuan sehingga terdengar lucu, lengkap dengan iringan musik. Video pertamanya adalah saat booming berita soal Arya Wiguna. Ya, ia menyusun video 'Demi Tuhan' yang terkenal itu.

"Awalnya, gue bikin musik. Tapi sudah banyak orang lain bikin musik. Kemudian ada ide pas saat Arya Wiguna booming. Langsung muncul ide di kepala gue," papar dia dalam acara Ngopi Bareng detikINET yang didukung penuh oleh Telkomsel.

Dari situlah awalnya Eka terjun ke dunia speech composing. Video modifikasi soal Arya Wiguna yang dibuatnya itu menjadi sangat populer, begitu banyak diakses dan akhirnya membuatnya terpicu membuat video serupa yang konsisten dipostingnya di YouTube.

"Memang berisiko karena footage itu milik orang, bikin kacau video orang. Sempet bahkan gue mau berhenti," tutur Gusti.

Tapi karena tanggapannya bagus, Gusti akhirnya terus melanjutkan. Ia mengaku tujuan utamanya adalah untuk menghibur masyarakat. Tapi di sisi lain juga menjadi semacam portofolio hasil karyanya.

Dari situ, nama Gusti mulai dikenal sebagai speech composer yang handal. Sehingga akhirnya saat ini, dia banyak disewa oleh berbagai perusahaan untuk berpromosi dengan media video modifikasi.

"Videonya kan milik orang sehingga tak bisa melakukan adsense. Tapi di sisi lain memang mencari sensasi dan eksposure. Akhirnya malah menjadi personal branding," ucapnya.

(fyk/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed