Koneksi 4G Bisa Buat Belajar Bikin Animasi

Ngopi detikINET

Koneksi 4G Bisa Buat Belajar Bikin Animasi

- detikInet
Jumat, 12 Des 2014 11:02 WIB
Wahyu Aditya (kanan) (asj/detikINET)
Jakarta - Keberadaan konten di siaran televisi terestrial yang begitu begitu saja menciptakan sebuah kerinduan akan jenis konten yang tak disiarkan di televisi lokal.

Ini juga yang memunculkan sebuah fenomena yang disebut dengan nama 'prosumer', yaitu produsen dan konsumen. Maksudnya adalah penikmat konten yang sekaligus mampu menjadi pencipta konten.

Namun sayangnya jumlah kreator konten, terkhusus animator di Indonesia, masih sangat sedikit. Salah satu penyebabnya adalah tak banyak tempat pelatihan untuk para animator.

Sebenarnya hal tersebut bisa diatasi dengan sistem e-learning, yang pelatihannya bisa dilakukan dari jarak jauh tanpa perlu bertatap muka. Namun hal ini juga mempunyai hambatan tersendiri. Yaitu terbatasnya kecepatan koneksi internet di Indonesia.

"Selama ini kendalanya kan kecepatan belum cukup tinggi, sehingga terhambat proses belajarnya," ujar Wahyu Aditya, animator dan pendiri HelloMotion Academy,dalam acara Ngopi Bareng detikINET dan Telkomsel.

Nah hal ini diharapkan bisa teratasi dengan kehadiran jaringan seluler cepat 4G LTE yang komersialisasinya dipelopori oleh Telkomsel di Indonesia. Keberadaan jaringan 4G LTE ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah orang yang bisa membuat animasi sendiri.

"Kalau ada 4G LTE ini diharapkan lebih banyak orang yang bisa membuat animasi sendiri. Juga mengajarkan membuat animasi sejak usia dini," tambah Wahyu.

(asj/fyk)