Mobile Fotografi Picu Eksistensi Tongsis cs

Mobile Fotografi Picu Eksistensi Tongsis cs

- detikInet
Rabu, 30 Apr 2014 12:09 WIB
Peserta Ngopi Bareng detikINET beraksi selfie dengan tongsis (ilustrasi/detikINET)
Jakarta -

Tren mobile fotografi, selain menciptakan fenomena populer seperti foto selfie, juga turut memunculkan peluang usaha bagi kemunculan aksesori-aksesori baru.

Sebut saja tongsis alias tongkat narsis. Kemunculan aksesori ini menunjang orang untuk mengekspresikan aksi selfie lebih maksimal.

Hal ini dibenarkan Gadget Enthusiast Lucky Sebastian. Dia memberikan contoh lain, lensa tambahan untuk kamera ponsel juga adalah produk yang ikut meramaikan tren mobile fotografi.

"Namanya mobile fotografi sekarang semakin kreatif. Misalnya foto ponsel bisa makro yang paling ekstrim karena pakai lensa tambahan," ujar Lucky di acara Ngopi Bareng detikINET di Demang Cafe, Selasa (29/4/2014) malam.

Dikatakannya, ini adalah bagian dari fotografi yang dulu tidak bisa dilakukan sebuah ponsel. Tapi sekarang, kamera di smartphone bahkan sudah ada yang sanggup menyaingi kamera DSLR.

"Misalnya dengan lensa tambahan seharga Rp 50 ribu, bisa dapat hasil foto seperti ini (seperti jepretan DSLR). Dengan bantuan alat tambahan pada smartphone," sebut Lucky.

Senada dengan Lucky, fotografer profesional Enche Tjin mengatakan dari sisi teknis kamera ponsel saat ini memang bisa mengubah foto menjadi jauh lebih memukau jika bisa memanfaatkannya.

"Kamera ponsel dulunya gak bisa terlalu banyak disetting. Belakangan banyak ponsel keluaran baru yang kita bisa mengubah banyak hal. Misalnya exposure. Tadinya foto terlalu terang gak bisa diedit, sekarang bisa diutak-atik, dinaikin exposurenya," terangnya memberikan contoh.

Namun diakui Enche, penambahan aksesori tertentu bisa sangat membantu, sekaligus berpengaruh pada kualitas hasil jepretan foto. Dia mengibaratkannya seperti kaca mobil.

"Lensa, kalau kita pasang di depannya lensa tambahan, berpengaruh sama kualitas. Karena menambah lensa kan. Ibaratnya seperti lihat pemandangan dari kaca mobil, kacanya ada tambahan di depannya," jelasnya.

Meski demikian, Enche yakin tren aksesori semacam ini nantinya akan terus berkembang. Sensor kameranya kemungkinan akan bisa mengikuti, sehingga lensanya akan semakin bagus dan penambahan aksesori kamera ponsel akan kian menarik.

"Dengan printilan lensa-lensa itu, kualitas mungkin terpengaruh. Tapi keuntungannya jadi mobile banget. Saya gak kerepotan kalau misalnya bawa setumpuk lensa tambahan seperti itu. Jadi akan bagus perkembangannya ke depan," simpulnya.

 

Ngopi bareng detikINET kali ini disponsori Lenovo Indonesia dan Indosat.

(rns/ash)