Ini yang Mesti Disiapkan Perusahaan agar Kerja Hybrid Lebih Efektif

Ini yang Mesti Disiapkan Perusahaan agar Kerja Hybrid Lebih Efektif

Ini yang Mesti Disiapkan Perusahaan agar Kerja Hybrid Lebih Efektif

Advertorial - detikInet
Jumat, 25 Mar 2022 00:00 WIB
adv lenovo
Foto: Shutterstock
Jakarta - Situasi pandemi telah memantik lahirnya disrupsi dalam aktivitas bekerja masyarakat global. Sistem kerja full remote maupun hybrid menjadi alternatif cara kerja untuk menyiasati keterbatasan mobilitas.

Mengutip data yang dirilis Lenovo, di tahun 2021 sekitar 89-94% bisnis telah menambahkan operasi online atau telah sepenuhnya online. Dengan begitu, para karyawan bisa bekerja secara remote.

Konsep WFH memang memberikan kemudahan bagi para pekerja. Sebut saja waktu kerja yang lebih fleksibel, kepraktisan bekerja, hemat biaya akomodasi, dan sebagainya. Hal inilah yang membuat para pekerja kerasan untuk bekerja dari rumah.

Menurut studi Future of Work dan Transformasi Digital Lenovo yang melibatkan 8.000 karyawan dan pengambil keputusan IT (ITDM) di 14 pasar dari perusahaan dari semua level usaha mengenai dampak kerja jarak jauh menunjukkan, sebagian besar bisnis (83%) berharap untuk bekerja dari jarak jauh setidaknya separuh waktu (sistem hybrid). Sementara itu, 60% karyawan tidak hanya setuju tetapi juga senang melakukan cara kerja hybrid tersebut.

Namun, bekerja hybrid bukannya tanpa rintangan. Studi yang dilakukan Lenovo menjabarkan implementasi sistem kerja kombinasi on site dan remote menghadirkan beberapa tantangan, di antaranya masalah manajemen kerja jarak jauh, kelelahan pikiran, hambatan komunikasi, hingga distorsi cara kerja. Satu lagi yang menjadi isu krusial, yakni keamanan data!

Studi Lenovo mengungkap sistem kerja hybrid menghasilkan efek mendalam pada transformasi digital bisnis serta masalah keamanan data. Perusahaan dituntut untuk menyediakan perlindungan keamanan data tingkat lanjut bagi karyawan, seperti halnya yang mereka dapatkan di kantor. Misalnya dengan penggunaan cloud collaboration yang komprehensif serta fokus yang lebih tinggi pada keamanan data di semua jenis dan level bisnis.

Masih berdasarkan studi tersebut, guna menyikapi tantangan yang dihadapi di era kerja hybrid, perusahaan membutuhkan alat manajemen IT yang mengikuti kecepatan perubahan ini. Agar dapat bekerja efektif secara hybrid, pekerja membutuhkan alat baru untuk memenuhi kebutuhan bekerja dari mana saja.

Studi yang dirilis Lenovo menyatakan era bekerja hybrid mengharuskan perusahaan untuk berinvestasi secara layak terhadap aset teknologi perusahaan agar menunjang produktivitas kerja secara menyeluruh. Para karyawan harus dibekali alat kerja yang memungkinkan mereka mengelola semua tugas baik itu menggunakan penyimpanan lokal, menggunakan cloud, atau memanfaatkan IoT dalam satu konsol.

adv lenovo

Penyediaan peralatan dan fasilitas pendukung kerja menjadi aspek krusial untuk memberikan pengalaman kerja karyawan atau Employee Experience (EX) yang baik. Berdasarkan riset Lenovo, perusahaan yang serius berinvestasi terhadap aspek EX dapat memperoleh profit 4 kali lebih besar dan total pendapatan 2 kali lebih besar ketimbang perusahaan yang tak mementingkan EX.

Adapun ketersediaan teknologi merupakan salah satu hal yang dapat meningkatan skor EX. Berdasarkan riset Forrester, nyaris 60% ITDM yang disurvei menyatakan ada kenaikan sekitar 10% skor EX dengan meningkatkan kepuasaan karyawan terhadap kebutuhan teknologi.

Untuk menjawab tantangan masa depan dalam bekerja, Lenovo sebagai perusahaan penyedia solusi menyeluruh ingin membantu perusahaan dan pekerja menemukan sistem kerja baru yang lebih efektif dan produktif.

Melengkapi kebutuhan karyawan di era kerja hybrid, Lenovo juga menghadirkan solusi untuk mempermudah kolaborasi antar karyawan. Hal ini merupakan aspek yang tak kalah penting untuk dipenuhi perusahaan agar proses bekerja dapat lebih efektif dan produktif sehingga dapat mempengaruhi target pencapaian perusahaan ke depannya.

Untuk mengakomodir kebutuhan bekerja hybrid, Laptop ThinkPad® X1 merupakan sebuah perangkat yang dapat diandalkan. LenovoThinkPad® X1 hadir dengan dukungan Windows 11 sehingga mampu memberikan fleksibilitas dalam bekerja tanpa mengesampingkan urusan keamanan data dari penggunanya.

adv lenovo

Lenovo ThinkPad® X1 dilengkapi fiturAlways On/Always Connected yang berarti perangkat laptop dapat terus terhubung dengan internet sehingga data pengguna terus diperbaharui, misalnya saat menggunakan layanan cloud.

Fitur-fitur lain yang membantu dalam menyelesaikan pekerjaan tersedia di perangkat ini, seperti pengetikan suara, pena digital, dan gerakan sentuh canggih yang memberikan PC Lenovo kemampuan 2-in-1 convertible dan detachable.

Solusi perangkat yang dihadirkan Lenovo mampu menyeimbangkan pola kerja hybrid yang dijalankan saat ini. Lenovo Thinkpad® X1 memberikan kemudahan untuk para pekerja dalam melakukan kolaborasi untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas bekerja, sekaligus menjamin keamanan data.

Sejumlah peranti keamanan tersemat di Lenovo Thinkpad® X1, antara lain Security chip TPM 2.0 untuk memproteksi data yang tersimpan dalam memori, Zero Trust-ready Windows 11 yang bekerja untuk mencegah invasi ransomware dan serangan siber lainnya.

Fitur keamanan lainnya yang juga dihadirkan Lenovo, di antaranya Secure Wipe 2.0, Firmware Resiliency 2.0, Human presence detection, dan Intelligent PC diagnostics.

Tak hanya itu, Lenovo pun menyediakan layanan Lenovo Premier Support. Lewat layanan ini, Anda bisa melakukan sambungan langsung ke teknisi terbaik bukan ke mesin penjawab untuk pemecahan masalah perangkat tingkat lanjut, dukungan perangkat keras komprehensif dan perangkat lunak 24 jam di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini mempermudah pemecahan masalah IT selama karyawan bekerja secara remote.

Menyambut era kerja hybrid yang akan menjadi tren masa depan, perusahaan harus segera mencari dan mendapatkan solusi tepat untuk mendukung pola kerja tersebut. Ketepatan dalam menyediakan dukungan IT merupakan kunci agar karyawan dapat bekerja hybrid dengan efektif dan produktif. Solusi yang ditawarkan Lenovo merupakan pilihan yang cocok untuk menjawab tantangan perubahan tren kerja masa depan tersebut. (adv/adv)