Senin, 16 Des 2019 00:00 WIB

Startup4industry Siapkan Indonesia Hadapi Revolusi Industri 4.0

Advertorial - detikInet
Menperin & beserta Dirjen IKMA mengunjungi salah satu booth (Foto: dok. Kemenperin)     Menperin & beserta Dirjen IKMA mengunjungi salah satu booth (Foto: dok. Kemenperin)    
Jakarta -

Dimulai pada 30 Agustus 2019 yang lalu, program Startup4industry diluncurkan oleh Kementerian Perindustrian sebagai gerakan transformasi digital industri kecil dan menengah. Program ini menjawab salah satu prioritas dalam Making Indonesia 4.0, yaitu pemberdayaan UMKM melalui teknologi.

Puncak rangkaian Startup4industry yaitu penghargaan kepada pemenang diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta. Sebanyak 18 (delapan belas) finalis kompetisi Startup4industry ikut dalam ajang promosi melalui pameran dan seminar.

Seminar dengan 9 (Sembilan) topik tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi tentang industri 4.0, pemanfaatan teknologi, serta organisasi perusahaan yang efisien (lean). Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Diharapkan Indonesia akan semakin siap menghadapi era revolusi industri 4.0 melalui inovasi karya anak bangsa sebagai technology provider untuk industri," jelas Agus.

Startup4industry Siapkan Indonesia Hadapi Revolusi Industri 4.0

Menperin didampingi Dirjen IKMA beri penghargaan kepada pemenang Startup4industry (Foto: dok. Kemenperin)

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka, Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaniningsih, mengatakan bahwa implementasi industri 4.0 memerlukan ekosistem inovasi pendukung. Menurutnya, startup ini yang akan jadi implementator di lapangan.

Startup4industry menghadirkan 6 (enam) topik kompetisi yaitu integrasi ERP dengan ISO 9001:2015, modular controller mesin teknologi tepat guna, mesin penggorek keripik tempe otomatis, platform clothing line, Artificial Intelligence dan Big Data, serta Internet of Things. Topik tersebut diarahkan untuk memecahkan permasalahan industri khususnya industri kecil dan menengah.

"Target kami tidak berhenti di kompetisi tapi sampai dengan implementasi. Saat ini sedang berjalan proyek implementasi di industri kecil dan menengah (IKM) yang didukung oleh startup sebagai penyedia teknologinya," ujar Gati

Proyek implementasi tersebut antara lain controller mesin pengering olahan pangan, controller mesin kopi, internet of things (IoT) pasca panen kopi, mesin penggoreng keripik, Enterprise Resources Planning (ERP) di IKM pengecoran aluminium, serta Overall Equipment Efectiveness (OEE) di IKM komponen otomotif.

Pada acara tersebut dikukuhkan juga Asosiasi Printer Tridimensi Indonesia sebagai upaya untuk mendukung ekosistem industri printer 3D di Indonesia yang mulai tumbuh. Printer 3D merupakan salah satu teknologi dalam industri 4.0, sehingga diharapkan dapat mengakselerasi adopsi teknologi tersebut.

Salah satu topik dalam Seminar Startup4industry 'Bisnis Pun Harus Ramping, Organize Your Business!' dengan pembicara Dirjen IKMA Gati Wibawaningsih, Alpesh Patel Director of McKinsey Innovation Campus, Ali Fikri dari Machine Vision yang merupakan finalis startup4industry 2018. Topik ini membahas pentingnya mengatur perusahaan agar efisien sebelum mengimplementasikan teknologi.

Startup4industry Siapkan Indonesia Hadapi Revolusi Industri 4.0

Seminar Startup4industry 'Bisnis Pun Harus Ramping, Organize Your Business!' (Foto: dok. Kemenperin)

Startup4industry diharapakan dapat menjadi hub yang menghubungkan penyedia teknologi (startup) dengan permasalahan industri. Ke depannya program ini akan semakin banyak mengakselerasi startup agar dapat mengimplementasikan inovasinya untuk industri manufaktur.

Dengan teknologi, industri Indonesia akan semakin berdaya saing melalui peningkatan kualitas dan efisiensi produksi. Selamat kepada para finalis Startup4industry 2019!

Web dan media sosial Startup4industry:

www.startup4industry.id

@startup4industry.id

@ditjenikma

Startup4industry Siapkan Indonesia Hadapi Revolusi Industri 4.0
Startup4industry Siapkan Indonesia Hadapi Revolusi Industri 4.0
(adv/adv)