Kamis, 19 Sep 2019 00:00 WIB

Review Realme 5 Pro Si SpeedMaster Harga Rp 3 Jutaan

Advertorial - detikInet
Tampak depan Realme 5 Pro (Foto: Realme) Tampak depan Realme 5 Pro (Foto: Realme)
Jakarta - Ini dia si penggoncang pasar ponsel kelas menengah datang kembali. Setelah sukses mengambil perhatian dengan Realme 3 Pro, kini Realme menelurkan penerusnya yang bernama realme 5 Pro.

Ada alasan mengapa Realme memilih untuk melompati angka 4. Pasalnya Realme yang merupakan vendor asal Negeri Tirai Bambu ini masih menghindari penggunaan angka yang dianggap kurang membawa keberuntungan.

Realme 5 Pro hadir dengan sebutan 'Quad Camera SpeedMaster'. Realme memilih sebutan itu karena percaya diri bahwa produk baru yang satu ini bisa mengajak para penggunanya merasakan kinerja cepat di berbagai bidang. Belum lagi sebutan Quad Camera yang menjelaskan keberadaan empat kamera di bagian belakang.

Untuk yang penasaran, berikut ulasan Realme 5 Pro yang dijual di harga tiga jutaan ini dan akan diluncurkan hari ini.

Desain

Desain Realme 5 Pro mempertahankan ciri khas yang dimiliki pendahulunya. Dilihat sekilas tampak identik, terlebih jika dilihat dari depan. Panel depannya masih menggunakan desain dewdrop sebagai tempat untuk kamera depan dan sensor-sensor lainnya serta sama seperti biasanya. Realme memberikan lapisan pelindung di layar Full HD+nya.

Hal yang berbeda terlihat di bagian belakang. Bodinya dilapisi warna gradasi indah dan motif layaknya kristal. Ada dua warna yang disediakan Realme, yakni Crystal Green dan Sparkling Blue. Kedua warna tersebut dihasilkan dengan teknologi terbaru yang membuat hasilnya tampak mewah dan bergaya. Tampak modern jika dibandingkan dengan sejumlah kompetitor.

Di bagian belakang ini turut terlihat Quad Camera yang menjadi andalannya. Letaknya di kiri atas berjejer turun ke bawah. Di bagian paling atas terpasang kamera lensa lebar, berlanjut ke kamera utama, kamera portrait, dan kamera makro. LED flash ada di sampingnya dan tengahnya ada sensor sidik jari.

Review Realme 5 Pro Si SpeedMaster Harga Rp 3 Jutaan

Tampak belakang Realme 5 Pro (Foto: Realme)

Kinerja

Realme 5 Pro menggunakan prosesor Snapdragon 712 AIE yang naik 10% kinerjanya dibanding Snapdragon 710. Prosesor dengan besaran clock 2,3GHz ini mengadopsi proses fabrikasi 10nm sehingga lebih efisien dalam urusan penyedotan daya.

Snapdragon 712 mengadopsi struktur 8-inti dan dilengkapi dengan GPU Adreno 616. Hal ini menjadikannya andal dalam melibas game-game berat. Melalui pendukung ini, pengguna tidak akan menemukan masalah yang berhubungan dengan performa. Baik dalam menelusuri menu-menu, untuk sosial media, dan bermain game, semua dapat berjalan dengan lancar.

AI di prosesor juga terasa lebih cepat dalam mengenali adegan saat di kamera. Khusus gaming, disediakan sebuah mode bernama Hyperboost 2.0 yang akan meningkatkan pengalaman gaming bebas lag.

Kamera

Ini lah yang paling ditunggu konsumen Indonesia. Realme 5 Pro menggunakan kamera dengan konfigurasi empat di belakang atau yang mereka sebut dengan Quad Camera. Terdapat kamera lensa lebar 8MP + kamera utama 48MP + kamera portrait 2MP + kamera lensa makro 2MP, dan kamera depan beresolusi 16MP.

Kamera utamanya yang beresolusi 48MP menggunakan sensor Sony IMX586 dengan aperturenya f/1.8. kamera ini menggunakan resolusi besar, aperture yang sensitif cahaya, dan teknologi Quad-Bayer pixel four in one atau sederhananya memungkinkan ukuran piksel satuan menjadi lebih besar untuk menghasilkan foto yang berhasil memanjakan mata saya.

Review Realme 5 Pro Si SpeedMaster Harga Rp 3 Jutaan Hasil jepretan Realme 5 Pro (Foto: Realme)

Realme 5 Pro juga menghadirkan fitur nightscape untuk urusan mengambil foto malam hari. Adanya AI secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya gelap. Lalu untuk memenuhi permintaan pengguna akan efek gambar, warna, dan gaya yang lebih baik, Realme 5 Pro ditambahkan dengan mode Chroma Boost. Kamera portrait membantu kamera utama dalam menghasilkan foto sempurna terutama dalam urusan portrait atau bokeh.

Untungnya kali ini Realme 5 Pro sudah menyertakan kamera lensa lebar yang sedang populer saat ini. Ini karena memang keharusan untuk mundur ketika mengambil foto itu sebuah usaha ekstra, akan lebih baik area bidikan langsung bisa tertangkap semua.

Pihak Realme mengatakan kamera ini memiliki sistem koreksi distorsi lensa, hasilnya sistem koreksi ini cukup baik meski tidak sempurna. Adanya Penambahan kamera lensa makro menjadi sesuatu yang manis karena masih belum banyak produk ponsel yang memberikan kamera makro.

Kegunaannya adalah untuk menangkap detail-detail kecil yang kadang kamera biasa sulit tangkap. Hasilnya cukup baik dalam memberikan sesuatu hal yang terlewat oleh kamera pada umumnya.

Lebih spesial lagi ada kehadiran perekaman video Slo-mo hingga 960fps/720p atau 120fps/1080p. Khusus perekaman hingga resolusi Full HD terdapat fitur EIS atau penstabil elektronik demi hasil video lebih stabil.

Review Realme 5 Pro Si SpeedMaster Harga Rp 3 Jutaan

Hasil jepretan foto malam dengan Realme 5 Pro (Foto: Realme)

Untuk kamera depan, Realme membubuhkan sebuah kamera dengan resolusi 16MP dengan sensor Sony IMX471 dan aperture f/2.0 serta sudah dilengkapi juga dengan EIS. Tidak lupa, untuk kamera selfie ditanamkan juga kecanggihan AI Beauty.

Namun para pengguna yang laki-laki tidak perlu khawatir karena fitur AI Beauty tidak serta merta akan menghaluskan ciri-ciri seperti kantung mata, kumis, sampai jenggot.

Baterai

Di rentang harganya, Realme 5 Pro didukung dengan baterai yang besar. Realme 5 Pro berbekal baterai berkapasitas tinggi 4035mAh. Masa pakai baterai yang lebih lama dan hemat daya memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel ini selama yang mereka butuhkan. Apalagi ada teknologi pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0, dengan aksesori yang mendukung di dalam kotaknya. Teknologi ini juga dikenal aman tidak menghasilkan panas berlebih.

Kesimpulan

Dengan keunggulan di segi performa, kamera, dan baterai, Realme 5 Pro berhasil memenuhi syarat-syarat sebagai ponsel pintar yang disebut SpeedMaster. Terlebih harga jual yang terjangkau di kisaran Rp 3 jutaan. Mungkin bodi plastiknya menjadi poin yang kurang, tetapi diimbangi dengan kesan mewah pada bagian belakang ponsel ini. Namun, setidaknya bodi plastik bisa berikan bobot yang tidak terlalu berat dan daya tahan yang lebih baik jika terjatuh. Apalagi diberikan aksesoris case jelly di dalam kotak penjualannya. (adv/adv)