Maksimalkan Kinerja Agen Lapangan dengan Aplikasi Mobile, STRIM

Maksimalkan Kinerja Agen Lapangan dengan Aplikasi Mobile, STRIM

- detikInet
Jumat, 07 Sep 2012 00:00 WIB
Jakarta - Bagi perusahaan yang banyak memiliki pegawai lapangan, seperti perusahaan distribusi, asuransi, jasa survey dan divisi sales marketing, terkadang kesulitan mengonfirmasi kinerja mereka. Ini karena tidak mudah mengetahui apa saja yang dilakukan dan kemana saja pegawai lapangan ini pergi seharian. Belum lagi kalau harus membuat laporan setiap hari. Cukup makan waktu dan tenaga bila pegawai lapangan setiap hari harus terlebih dulu kembali ke kantor untuk membuat laporan.

Semua kendala ini sekarang bisa diatasi dengan kehadiran STRIM (Sales – Tracking and Routing Management). Ini adalah solusi software menggunakan mobile device dan terintegrasi dengan aplikasi berbasis web terbaru dari PT IndoInternet (indonet) dan ValueQuest.

“Dengan menggunakan aplikasi ini, user dapat melacak dan menentukan rute kunjungan petugas lapangan. STRIM juga dapat digunakan untuk melakukan survey real-time dengan perangkat mobile-nya,” jelas Kenneth Sidharta, Director ValueQuest.

STRIM memang bertujuan membantu perusahaan supaya lebih mudah saat melakukan kegiatan penjualan dan distribusi, survey mobile, pengawasan dan pelacakan agen lapangan. Paket solusi yang ditawarkan STRIM meliputi:


  • Agent Tracking: fitur untuk melihat posisi terakhir agen lapangan dan kegiatan operasional di lapangan
  • Route Management: fitur untuk menentukan rute kunjungan agen lapangan. Penentuan kunjungan bisa dilakukan harian atau mingguan
  • Dynamic Survey Definition: fitur untuk melakukan survey secara real-time. User juga bebas menentukan pertanyaan-pertanyaan survey
User hanya perlu berlangganan, mendapat user log-in, terhubung dengan koneksi internet lalu mengakses STRIM dari web appscloud.co.id melalui browser apa pun (disarankan Mozilla Firefox). “Sementara untuk agen lapangan, ponsel yang digunakan harus berbasis sistem operasi Symbian atau Android. Dengan fitur-fitur STRIM, agen lapangan bisa membuat laporan secara mobile dan mengirim ke pusat tanpa harus kembali dulu ke kantor,” tambah Kenneth.

Satu lagi kelebihan STRIM adalah pada penerapan sistem Cloud. Dengan menggunakan sistem Cloud, pengguna tidak perlu investasi pada lisensi database, sumber daya manusia EDP/MIS, keamanan data dan pembelian hardware serta perawatannya. “Semua menjadi tanggungjawab indonet,” kata David Tandianus, Director indonet.

Maksudnya, operasional STRIM dilakukan di data center indonet yang menjamin keamananan sistem dan penyimpanan data selama 24 jam. Sebagai provider internet service komersil pertama di Indonesia, indonet sudah berpengalaman di bidang data center sejak 1994.

Data center indonet di Tangerang Selatan sudah memenuhi spesifikasi Tier 3 dari TIA-942. Sesuai dengan spesifikasi Tier 3, ada dua jalur distribusi listrik yang di-backup redundant UPS dan genset yang mampu menjaga gedung bertahan lima hari tanpa putus ketika aliran listrik dari PLN padam. “Pusat data indonet menjamin semua perangkat di dalamnya aman dan tetap beroperasi dalam kondisi apapun dengan uptime guarantee mencapai 99,982%,” ujar David.

User dapat menikmati layanan STRIM dengan biaya bulanan mulai dari harga Rp 35.000 dan free trial selama 30 hari. Ada tiga paket STRIM yang ditawarkan indonet yakni: Paket 1 (Agent Tracking), Paket 2 (Agent Tracking dan Route management) dan Paket 3 (Agent Tracking, Route Assignment, dan Dynamic Survey Definition).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai STRIM dan layanan indonet lainnya, silakan menghubungi PT IndoInternet di:
Rumah indonet
Jalan Rempoa Raya No. 11,
Ciputat, Tangerang Selatan
Telp: 021 73882525


(adv/adv)