Kamis, 16 Feb 2017 18:36 WIB

Heboh Pilkada Serentak, Trafik Data XL Naik 9,62%

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Banyaknya masyarakat yang memantau proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 15 Februari 2017 lewat internet membuat trafik data XL Axiata meningkat.

"Banyak yang mengupdate ke media sosial dan memantau perhitungan cepat secara online," kata Ahmad Hamzah, General Manager Continual Service Improvement XL Axiata saat berkunjung ke redaksi detikINET, Kamis (16/2/2017).

Ia memaparkan, trafik data meningkat cukup signifikan terjadi di sejumlah daerah yang menyelenggarakan Pilkada. Dibandingkan hari sebelum Pilkada, kenaikan yang terjadi mencapai 9,62%.

Jakarta, Gorontalo dan Banten menjadi daerah yang mengalami lonjakan trafik data berdasarkan provinsi. Sementara Bekasi dan Belitung yang mengalami peningkatan trafik data berdasarkan kota atau kabupaten.

Heboh Pilkada Serentak, Trafik Data XL Naik 9,62%Foto: detikINET/Adi Fida Rahman


"Untuk Jakarta peningkatan mencapai 5%. Sementara Gorontalo lonjakannya 6% dan Baten mencapai 2%," papar pria yang kerap disapa Hamzah.

"Daerah yang cukup signifikan Aceh dengan lonjakan data mencapai 23%. Selain itu ada Bangka Belitung yang meningkat 14%," lanjutnya.

Kondisi ini berbeda dengan Papua Barat dan Sulawesi Barat. Di kedua provinsi tersebut trafik data malah minus.

"Di Papua Barat -27%, sementara Sulawesi Barat -4%. Di sana orang lebih cenderung dengan panggilan telepon dan SMS ketimbang menggunakan data," pungkas Hamzah. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed