http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Ini Cara Sembuhkan PC 'Sakit' Karena Ramnit

Penulis: Alfons Tanujaya - detikinet
Jumat, 17/05/2013 16:46 WIB
Halaman 1 dari 8
http://us.images.detik.com/content/2013/05/17/323/virus9.jpg Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Meski berstatus virus lawas, Ramnit bukan berarti tak bikin pengguna komputer rumit. Jika sudah terinfeksi, bisa dipastikan komputer Anda akan 'sakit'. Ini cara untuk menyembuhkannya.

Virus Ramnit sejatinya sudah ada sejak tahun 2010. Namun virus ini tetap tidak bisa diremehkan karena Ramnit begitu rapi dalam menginjeksi dan menjalankan dirinya sendiri.

Ramnit memang sangat merepotkan korbannya, karena pada saat akan buka local disk (C:) tidak bisa karena virus ini merubahnya menjadi ekstensi '.dat' (lihat gambar 1), Task Manager juga dibuatnya jadi disable, buka run juga tidak bisa. (lihat gambar 2)


Gambar 1: Local Disk tidak bisa dibuka jika terinfeksi Ramnit


Gambar 2: Disable Task Manager

Tidak hanya itu, Folder Options pun tidak dapat dibuka. Dan masih ada yang namanya folder discus-X pada direktori C:\ Windows\ yang jika dicari secara konvensional tidak akan ketemu, karena rupanya disembunyikan (hidden).

Juga pembuatan folder “C:\Program Files\M1crosoft” (lihat gambar 3) yang bertujuan untuk mengelabui sistem komputer dan pengguna awam yang kurang jeli.Next

Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8
(ash/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
22%
Kontra
78%


Must Read close