http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Hacker Pengacau Internet di Eropa Menyerang dari Mobil

Trisno Heriyanto - detikinet
Senin, 29/04/2013 12:19 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/04/29/323/van4.jpg Mobil ilustrasi (ist)
Jakarta - Seorang pria Belanda ditahan karena diduga bertanggung jawab terhadap serangan cyber terbesar. Tak disangka, ia ternyata melakukan seluruh aksinya itu hanya dari dalam mobil saja.

Tak perlu super komputer atau mesin dengan spesifikasi tinggi. Hacker berusia 35 tahun itu sukses membuat serangan Distributed Denial of Service Attacks (DDoS) hingga mencapai titik puncak di 300 gigabit per detik hanya dengan peralatan sederhana.

Pria berinisial SK itu menggunakan laptop, smartphone dalam mobil jenis Van yang sudah dilengkapi antena. Itu saja sudah sanggup membuat jaringan di sejumlah wilayah Eropa nyaris lumpuh.

Serangan yang dilakukan akhir Maret 2013 lalu itu memang sengaja dilakukan di dalam mobil. Cara ini dilakukan agar si peretas bisa lebih leluasa bergerak.

"Tersangka menggunakan kendarannya sebagai pusat komputasi mobile. Di dalamnya juga ada antena yang dipakai untuk melacak beberapa frekuensi," tulis pernyataan resmi Kementerian Dalam Negeri Spanyol.

Pihak berwenang di Spanyol meringkus SK di kota bernama Granollers, kira-kira 35 KM ke arah Utara dari Barcelona. Pemerintah Belanda dan Spanyol memang sudah lama mengincar pria tersebut.

Seperti dikutip detikINET dari The Global and Mail, Senin (29/4/2013), SK kini tengah dalam proses ekstradisi untuk dikembalikan ke Belanda. Di sini ia akan disidang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.


(eno/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Sponsored Link


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Nokia Android bakal Menggigit?

Nokia resmi memperkenalkan tiga seri Nokia X yang sudah mengusung sistem operasi Android. Mampukah tiga ponsel kelas menengah itu menggaet perhatian pasar?
Pro
55%
Kontra
45%


Must Read close