http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

 
 

Samsung Pastikan 'Kelahiran' Smartphone Tizen di 2013

Fino Yurio Kristo - detikinet
Jumat, 04/01/2013 09:38 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/01/04/317/tizen460.jpg Prototipe Tizen Samsung (ist)
Jakarta - Samsung tampaknya sangat serius membuat ponsel dengan sistem operasi Tizen. Vendor asal Korea Selatan ini baru saja mengumumkan bakal merilis beberapa ponsel Tizen tahun 2013 ini.

Tizen yang berbasis Linux ini akan menjadi rival langsung Android yang masih menjadi andalan Samsung. Memang Tizen yang dikembangkan Samsung bersama Intel ditujukan untuk mengurangi ketergantungan pada Android.

Samsung saat ini berstatus sebagai produsen smartphone terbesar di dunia. Sehingga Tizen yang mereka dukung penuh dinilai punya potensi untuk menyaingi Android ataupun iOS besutan Apple.

Beberapa pihak menilai bukan tidak mungkin Tizen berpeluang menempati posisi ketiga OS terpopuler nantinya. Di belakang Android dan iOS.

"Kami berencana merilis perangkat Tizen yang kompetitif dan baru pada tahun ini, dan akan memperbanyak modelnya tergantung dengan kondisi pasar," demikian pernyataan Samsung ke Bloomberg.

Sebelumnya, operator raksasa Jepang DoCoMo dilaporkan mendukung penjualan ponsel Tizen. Kedatangan ponsel Tizen pun membuat dinamika di industri ponsel kian menarik.

Terlebih, beberapa OS mobile baru telah diumumkan yang berpotensi mengganggu dominasi Android serta iOS. Seperti Ubuntu yang baru saja diperkenalkan secara resmi oleh Canonical.

(fyk/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
73%
Kontra
27%


Must Read close