http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Bahaya Malware, Non-Aktifkan Java di PC Anda!

Ardhi Suryadhi - detikinet
Jumat, 07/09/2012 13:59 WIB
Halaman 1 dari 6
http://us.images.detik.com/content/2012/09/07/323/javamalware460.jpg Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Aplikasi Java mulai banyak digunakan pada website. Demikian pula agar website bisa dibuka dengan baik, seringkali meminta kita untuk mengupdate aplikasi Java terlebih dahulu.

Padahal proses tersebut menjadi cara penyebaran malware (program jahat) yang ampuh. Sehingga mungkin untuk sementara waktu kita perlu menonaktifkan aplikasi Java di komputer.

Langkah ini adalah langkah darurat yang dilakukan untuk terhindar dari malware yang menyebar dengan memanfaatkan celah pada versi terbaru Java (versi 1.7, Update 6.). Para peneliti Eset juga telah mengonfirmasi bahwa black hole berada di balik pemanfaatan celah pada Java tersebut.

Berikut ditampilkan beberapa solusi untuk mencegah komputer agar tidak terserang malware yang saat ini telah menyebar di beberapa wilayah dengan memanfaatkan celah pada Java. Lapis pertama untuk pertahanan adalah mematikan atau menonaktifkan Java di browser Anda (Chrome, Firefox, Safari, Opera, dan Internet Explorer).

Celah CVE-2012-4681 zero day yang kini marak memaksa user untuk sementara waktu tidak menggunakan Java di browser. Jika masih ada, atau bahkan baru saja diupdate ke versi yang baru, tetap saja, lebih baik dinonaktifkan dulu. Cara ini untuk memastikan Anda mendapatkan versi yang sudah ditambal setelah ada peringatan dari upaya yang mencoba untuk mem-bypass browser yang Anda gunakan.

Menonaktifkan Java di Google Chrome

Google Chrome menyebut Java di dalam sistemnya sebagai 'Plug-in' dan untuk menonaktifkan Java di Google Chrome Anda bisa mengakses Plug-in settings dengan cara masuk ke 'chrome://plugins' di address field (tanpa tanda kutip) seperti ditunjukkan melalui gambar berikut: Next

Halaman 1 2 3 4 5 6
(ash/sha)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
32%
Kontra
68%


Must Read close