KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Selasa, 22 Nov 2016 11:32 WIB

KlinikINET

Intip Percakapan WhatsApp Meski Sudah Dienkripsi, Apa Bisa?

Konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Foto: Carl Court/Getty Images/ Foto: Carl Court/Getty Images/
Jakarta - Saya baca di Internet, ada cara agar kita bisa membaca percakapan si pengguna tersebut di ponsel kita tanpa sepengetahuannya. Jika cara itu ternyata bisa, lalu apa gunanya ada enkripsi data yang diberikan oleh WhatsApp? (rendi)

Jawaban:

Sejarah enkripsi sebenarnya sudah berlangsung ribuan tahun yang lalu, tujuannya supaya ketika sebuah pesan sedang diantar ke penerima pesan, kala dicegat dan dirampas di jalan, pesan tersebut tetap tidak bisa dibaca dengan mudah isinya, karena bukan lagi berisi tulisan standar, melainkan tulisan yang sudah dienkripsi dengan metode tertentu.

Misalkan pesan berisi kalimat "Apa Kabar, dienkripsi dengan teknik sangat mudah dengan memajukan sebuah huruf, akan tertulis menjadi "Bqb Lbcbs". Tanpa tahu kuncinya, maka "perampas" pesan tidak bisa membaca pesan tersebut.

Teknologi enkripsi sekarang jauh lebih canggih, 128bit, 256bit, dimana pesan jika dikirimkan dan dihack di tengah jalan --untuk mengetahui isinya dengan cara "brute force", mencoba segala kunci oleh komputer-- akan bisa berlangsung bertahun-tahun sampai bisa dibaca.

Teknologi enkripsi sekarang dianggap penting untuk aplikasi berkirim pesan seperti WhatsApp sekalipun. Ketika kita mengetik pesan dan menekan send, tulisan kita dienkripsi, dan yang memiliki kunci untuk membuka enkripsi tersebut hanya kontak yang kita tuju. Enkripsi ini yang sering disebut end to end encryption.

Jika ada pihak ketiga di tengah jalan berhasil mengambil pesan yang kita kirim, pesan tersebut tidak mudah dibaca, karena tidak ada kunci untuk membacanya. Ini berlaku juga selain pesan tulisan juga untuk video, gambar, dan file yang kita kirimkan.

Apakah kita bisa membaca pesan Whatsapp orang lain? Tidak bisa dengan cara standar. Misalkan, Anda ingin tahu rekan Anda si A, mengirim pesan apa ke si B, walaupun Anda mengetahui berapa nomor telepon si A dan si B, tidak semudah itu Whatsapp mudah "dikadali".

Jika ada layanan di web yang menawarkan bisa membaca pesan Whatsapp asal kita tahu nomornya, itu adalah layanan bohong. Mengatasi enkripsi pesan Whatsapp dengan meretasnya di tengah jalan sangat sulit.

Yang memungkinkan adalah menggunakan fitur seperti WhatsApp Web, atau menanamkan program spy pada smartphone yang bersangkutan. Kedua metode ini perlu menghadirkan smartphone yang digunakannya.

Pada WhatsApp Web dengan membaca QR code dari smartphone agar diteruskan ke PC, atau menginstall aplikasi mata-mata tanpa pemilik smartphone tahu.

Untuk meyakinkan kalau pesan whatsApp kita tidak sedang dibaca PC di tempat lain yang mungkin dilakukan keluarga atau rekan ketika kita lengah, adalah membuka aplikasi whatsApp, setting, whatsApp web, dan log out from all computers.

Pada setting tersebut juga terlihat kapan terakhir pesan whatsapp kita dibaca oleh PC.

(jsn/rou)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..