Senin, 13 Feb 2017 18:55 WIB

Tiga Startup Lokal Dikucuri Hadiah Rp 666 Juta

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Muhammad Alif Goenawan/detikINET Foto: Muhammad Alif Goenawan/detikINET
Jakarta - Program akselerator yang dicanangkan oleh Ideabox Ventures telah berakhir. Dari program yang memakan waktu kurang lebih 120 hari ini, terpilihlah tiga pemenang yang masing-masing dianggap memiliki ide cocok dengan visi Ideabox.

Ideabox Ventures sendiri merupakan program akselerasi startup joint ventures yang diinisiasi oleh tiga perusahaan, yakni Indosat Ooredoo, Mountain Partners, dan Kejora. Program ini merupakan kelanjutan dari Ideabox yang sudah tiga tahun berjalan.

"Kalau dulu kan Ideabox adalah program akselerator saja. Tapi sejak bulan November 2016, sudah menjadi perusahaan joint ventures dengan tiga perusahaan tadi," terang Managing Director Kejora Andy Zain ketika ditemui detikINET di Penang Bistro, Jakarta, Senin (13/2/2017).

Tak hanya itu, penggarapannya pun berbeda dari program sebelumnya. "Kalau dulu Ideabox program yang didanai oleh Indosat, dikerjakan oleh Kejora. Sekarang programnya dilakukan bersama-sama oleh tiga perusahaan joint venture ini," terang Andy.

Diutarakan oleh Andy, Ideabox Ventures ini berbeda dari program akselerator startup pada umumnya. Yang pertama menurut Andy, Ideabox Ventures fokus pada ekosistem. Dan yang paling penting adalah para pemenang ini akan dipekerjakan oleh Indosat Ooredoo.

"Kami mencari startup yang masih kecil, lalu kami kuatkan dengan pendanaan dan kami bina. Sehingga diharapkan setelah program empat bulan ini, mereka sudah siap. Nah, setelah sudah siap, kami akan bawa untuk bekerja dengan Indosat," papar Andy.

Foto: Muhammad Alif Goenawan/detikINET

Andy pun menerangkan alasan mengapa ia hanya memilih tiga pemenang, dari belasan peserta yang terpilih masuk babak final. Padahal, program Ideabox sebelumnya memenangkan empat sampai lima tim.

"Kami ingin fokus di kualitas. Makanya hanya ambil tiga pemenang. Kalau yang lain kan banyak. Kami ingin tiga-tiganya berhasil," paparnya. Penilaian pun diakui melalui proses yang cukup berat.

"Berbeda dengan tahun lalu, sekarang mereka lebih siap. Dari 15 company mereka mewakili bidang yang berbeda-beda. Ada perusahaan berbasis fintech, logistik, agrikulutur, dan IoT," ujar Andy.

Selain mendapat pembinaan, ketiga pemenang berhak membawa pulang hadiah masing-masing USD 50.000 atau sekitar Rp 666 juta. Tiga pemenang juga bisa memboyong kredit Facebook senilai USD 80.000, infrastruktur Cloud senilai USD 120.000, IBM Soft Layer, dan IBM Blue Mix.

Sementara itu, pihak Prashant Gokarn, Chief New Business & Innovation Indosat Ooredoo, mengatakan jika program ini dirasa penting untuk membangun ekositem digital di Indonesia. "Melalui Ideabox, kami ingin mendorong semangat para startup untuk meningkatkan inovasi dan kewirausahaan mereka," ucap Gokarn.

Adapun tiga pemenang antara lain, Andalin, AyoSlide, dan Sevva. Andalin sendiri merupakan situs one stop solution yang membantuk UKM di Indonesia untuk go international tanpa harus mempedulikan sulitnya birokrasi logistik.

Sedangkan AyoSlide adalah platform marketing 'bergerak', di mana pengiklan bisa memasang iklan produk mereka di lockscreen perangkat mobile. Dan terakhir Sevva, adalah layanan sewa barang yang diklaim nyaman dan aman. (mag/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed