BERITA TERBARU
Rabu, 24 Agu 2016 16:30 WIB

APJII Siap Gelar Indonesia Internet Expo & Summit

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: detikINET/Rachmatunnisa Foto: detikINET/Rachmatunnisa
Jakarta - Pameran gadget dan komputer mungkin sudah biasa ditemui. Tapi pameran internet, sepertinya baru kali ini ada, seperti yang akan digelar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) 2016 akan digelar untuk pertama kalinya pada 22-24 November 2016, bertempat di Balai Kartini, Jakarta. Ketua Umum APJII Jamalul Izza mengatakan, acara ini diadakan berbarengan dengan perayaan 20 tahun APJII.

"Di acara ini nantinya akan menghadirkan berbagai pelaku bidang telekomunikasi dan IT. Akan ada konferensi, launching, demonstrasi produk. Masyarakat bisa comparing layanan internet dan tahu banyak tentang internet," kata Jamal dalam konferensi pers IIXS 2016 di Meradelima Resto, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Ditambahkannya, tujuan IIXS 2016 adalah membuka kesempatan bagi para pengunjung dan pelaku industri untuk bertemu dan menjalin network. Acara ini ditujukan sebagai wadah bagi para pelaku bisnis telekomunikasi dan digital untuk meningkatkan performa serta memperluas ranah business to business dan business to consumer.

Di luar itu, seperti dikatakan Sekretaris Jenderal/Umum APJII Henri Kasyfi Soemartono acara ini sekaligus menampilkan wajah baru APJII di 20 tahun sejak berdirinya.

"APJII kian membuka diri, tak cuma sebagai badan yang mewadahi ISP. Kita juga mendukung startup, pembuat konten. Mereka itu nantinya akan kita hadirkan di acara ini. Orang akan melihat bagaimana internet dimanfaatkan untuk semua kebutuhan. Bahkan ada juga cyber kids untuk yang ngajak anak-anak," paparnya.

(Kika) Mhd. Ferry Budiman Sumbayak, Jamalul Izza dan Henri Kasyfi Soemartono


Mhd. Ferry Budiman Sumbayak, CEO Sumconvex yang menjadi event organizer IIXS 2016 mengatakan, tercatat akan ada 120 tenant yang akan mengisi acara. Dikatakannya, belum pernah ada sebelumnya pameran khusus internet.

"Acara seperti ini biasanya numpang di pameran komputer atau seluler. Saya rasa memang belum pernah ada pameran seperti ini. Jadi ini boleh dibilang yang pertama kali dan orisinal," kata Ferry.

Menepis kesan kaku, IIXS 2016 juga akan menghadirkan kalangan artis hiburan yang terkenal dari internet, para vlogger, startup, showcase internet of things dan masih banyak lagi. Pada intinya, acara ini juga ingin memperlihatkan kepada masyarakat bagaimana internet dimanfaatkan.

"Masa industri kreatif ini luar biasa, semua butuh internet platform. Kita lihat banyak sekali manfaatnya. Jadi selain ada seminar-seminar, kita juga gaet anak muda, kita juga bikin festival film pendek dan awardingnya di acara itu," ujar Ferry.

APJII bahkan mendorong sejumlah tenant untuk memanfaatkan acara ini untuk sekalian membuka perekrutan khusus bidang IT. Jadi, bagi pengunjung dari kalangan mahasiswa yang baru lulus kuliah misalnya, bisa sekalian mengincar perusahaan yang diinginkan.

"Pokoknya lengkap. Ada seminar-seminar, startup, developer, pameran IoT, robotik, film mentor dan ada rekrutmen kerjaan juga," janjinya. (rns/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed