Jumat, 17 Mar 2017 11:01 WIB

Apple Kucurkan Rp 533 Miliar Demi Jualan iPhone 7 di Indonesia

Achmad Rouzni Noor II, Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Setelah terganjal aturan konten lokal, Apple akhirnya bisa memasarkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus secara resmi di Indonesia setelah mengucurkan duit USD 40 juta atau sekitar Rp 533,3 miliar.

Aturan lokal yang dimaksud adalah kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian dalam Permenperin No. 65/2016.

Dalam aturan itu, seluruh vendor telepon seluler, laptop, dan tablet yang mengusung teknologi 4G, diwajibkan untuk mengikutsertakan konten lokal minimal 30% sejak 1 Januari 2017.


Sementara kucuran duit yang dimaksud, merupakan mahar Apple untuk pemenuhan konten TKDN itu. Duit USD 40 juta itu digelontorkan Apple untuk membangun pusat risetnya di Indonesia.

"Apple memenuhi TKDN lewat skema investasi. Mereka membangun Innovation Center untuk industri software senilai USD 40 juta," ungkap Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawiryawan kepada detikINET, Jumat (17/3/2017).

Apple Kucurkan USD 40 Juta Demi Jualan iPhone 7 di IndonesiaFoto: dok BMW


Angka ini jelas lebih banyak dari yang diberitakan sebelumnya, bahkan dua kali lipat lebih. Karena sebelumnya, Apple kabarnya hanya mau mengeluarkan USD 18 juta untuk investasinya. Itu artinya, lobi-lobi pemerintah sukses merayu Apple.

Dengan telah lolosnya Apple dari aturan TKDN, itu artinya mereka sudah bisa jualan secara resmi di Indonesia. Hal itu langsung dibuktikan dengan gerak cepat mereka menggandeng Smartfren Telecom untuk membuka keran pre-order mulai 24 Maret 2017 ini. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..