Sabtu, 11 Mar 2017 08:45 WIB

Nokia 3310 Reborn Tak Bergaung di Kandang Apple

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi
Jakarta - Di Amerika Serikat, negara asal Apple, Nokia sejak lama memang kurang bergaung. Sehingga kehebohan peluncuran Nokia 3310 reborn dikatakan tak begitu terdengar di sana.

"Di AS, Nokia yang menjadi merek paling banyak dibicarakan di Mobile World Congress menurut Brandwatch, adalah sebuah kegagalan yang tidak relevan dalam satu dekade," sebut Sascha Segan dari media teknologi PCMag yang dikutip detikINET.

Memang bahkan di masa jayanya dulu saat Nokia merajai penjualan ponsel di banyak negara termasuk Indonesia, mereka tetap kurang bisa menaklukkan pasar AS. Itu tak lepas dari 'kebandelan' Nokia sendiri yang tak mau memenuhi keinginan operator di Negeri Paman Sam.

Ya, operator memang sangat berpengaruh dalam penjualan ponsel di sana, yang sebagian besar adalah pasca bayar dengan sistem subsidi. Nah, Nokia sejak dulu kurang peduli soal ini.

"Jika ingin bermain di AS, harus bisa bermain dengan operator. Nokia sangat buruk soal itu. Mereka mengabaikan operator di sini 10 tahun lalu dengan menolak membuat ponsel yang dikustomisasi untuk tiap operator," papar Sascha.

Faktor tersebut ditambah Nokia 3310 reborn tidak kompatibel dengan jaringan operator di AS, membuat handset tersebut hampir pasti kurang disambut antusias. Berbeda misalnya dengan di Inggris yang dari dulu merek Nokia sudah kuat.

Di Negeri Kerajaan itu, calon konsumen terindikasi sangat antusias ingin membeli Nokia 3310 reborn. Retail yang menjualnya, Carphone Warehouse telah membuka keran pendaftaran bagi konsumen yang berminat. Permintaan yang datang menurut mereka sungguh besar dan bikin heran.

"Ada ketertarikan konsumen yang mengherankan pada Nokia 3310 ini semenjak peluncurannya. Jumlah registrasi luar biasa kuat, membuktikan kalau semua ini bukan sekedar hype melainkan konsumen memang benar-benar menginginkannya," sebut Andrew Wilson, Direktur Carphone Warehouse. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..