Selasa, 14 Mar 2017 17:40 WIB

Tiga Startup Indonesia Jagoan Telkomtelstra

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Tiga startup lokal berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, usai mampu bersaing dengan startup mancanegara dan menjadi alumni dari muru-D, program akselerator startup yang digagas oleh Telstra.

Ketiga startup yang dimaksud adalah Amtiss, Teman Usaha, dan Zelos. Selama enam bulan sejak September 2016, mereka mengikuti periode pembinaan dari program muru-D.

Dari ratusan startup, program muru-D hanya menyeleksi 11 peserta startup dari lima negara di Asia Tenggara dan tiga di antaranya berasal dari Indonesia. Menariknya lagi, Amtiss, Teman Usaha, dan Zelos, mampu menjadi di antara delapan startup menjadi lulusan muru-D.

"Minggu lalu sudah graduation, dari delapan startup tiga di antaranya dari Indonesia yang lulus dari program muru-D," ujar Presiden Direktur Telkomtelstra, Erik Meijer di kantor Telkomtelstra, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Kedua induk perusahaan yang merupakan mayoritas pemegang saham Telkomtelstra, yaitu Telkom dan Telstra sama-sama ingin mendorong startup di Indonesia. Bila Telkom dengan Indigo-nya, maka Telstra bisa memberikan pengalaman internasionalnya.

"Jadi peranan Telkomtelstra ini sebenarnya gak langsung, kita memfasilitasi kedua pemegang saham kita untuk mendorong startup," sebut Erik.

Disebutkan, muru-D bukan hanya sekedar pembinaan saja, tetapi program yang digelar di Singapura itu secara kolekftif telah menghasilkan lebih dari 12 ribu pelanggan baru dan meningkatkan pendapatan lebih dari USD 300 ribu.

Tonton video 20detik di sini:


Para lulusan muru-D menampilkan bisnis dari berbagai sektor, mulai dari pendidikan, kelayakan, logistik, pembiayaan mikro, rekrutmen, analisis perilaku, dan layanan direktori digital.

Melalui program muru-D yang dilaksanakan selama enam bulan ini, masing-masing startup menerima USD 40 ribu sebagai modal awal, akses ke muru-D di jalan Amoy, perkenalan dan akses ke mentor-mentor kelas dunia, pelatih, dan ahli Telstra, serta perjalanan ke Silicon Valley dan New York.

"Dengan antusiasme yang besar dari Indonesia, tentu saja kami akan kembali lagi di bulan Mei atau Juni yang akan datang untuk menggelar roadshow kami pada batch ketiga," ucap Head of muru-D Singapore, Jamie Camidge.

"Pendaftaran prorgram muru-D yang ketiga akan dibuka pada bulan Juni 2017 nanti dan kami berharap akan banyak perusahaan startup Indonesia yang turut berpartisipasi dalam program ini," pungkasnya. (rou/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed