Cara Sawer Kreator YouTube Pakai Super Chat & Super Sticker

ADVERTISEMENT

Cara Sawer Kreator YouTube Pakai Super Chat & Super Sticker

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 16 Agu 2022 18:49 WIB
Kiev, Ukraine - June 5, 2014: Brand new Apple iPhone 5S with YouTube application service on the screen lying on a desk with headphones. YouTube is the worlds most popular online video-sharing website that founded in February 14, 2005
Cara Kasih Saweran ke Kreator YouTube Pakai Super Chat dan Super Stickers Foto: iStock
Jakarta -

YouTube akhirnya merilis fitur Super Chat dan Super Stickers ke Indonesia. Kedua fitur ini bisa dimanfaatkan oleh penggemar untuk mendukung kreator dan streamer favoritnya secara finansial sekaligus berinteraksi dengan lebih dekat.

Fitur Super Chat dan Super Stickers saat ini sudah bisa diaktifkan oleh channel YouTube yang tergabung dengan YouTube Partner Program. Perlu diingat bahwa fitur Super Chat dan Super Stickers hanya bisa diakses lewat live chat saat livestream.

Super Chat dan Super Sticker akan menjadi cara baru bagi kreator untuk mendapatkan cuan dari kontennya di YouTube. Lewat fitur ini penggemar bisa membayar untuk meninggalkan komentar atau stiker di live chat dan menyematkannya di bagian atas chat hingga lima jam.

Sebelum mendapatkan cuan dari Super Chat dan Super Sticker, kreator harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya mudah saja, yaitu:

  • Login ke studio.youtube.com
  • Klik opsi Monetisasi yang ada di menu sebelah kiri
  • Di menu di bagian atas dasbor utama, klik Supers > Mulai dan ikuti petunjuk di layar
  • Setelah mengikuti semua petunjuk akan ada dua opsi yaitu:
    • 'Status Super Chat aktif' di sebelah tombol berwarna biru
    • 'Status Super Stickers aktif' di sebelah tombol berwarna biru.

Setelah fitur Super Chat dan Super Stickers aktif, kreator dan pemilik channel YouTube mulai bisa menerima tip atau saweran lewat dua fitur tersebut. Penonton juga sudah bisa membeli Super Chat dan Super Stickers dengan biaya mulai dari Ro 10.000 sampai Rp 5.000.000.

Semakin besar saweran yang dibayarkan, maka semakin lama komentar atau stiker yang kalian kirimkan akan bertahan di bagian atas chat dan kesempatan untuk berinteraksi dengan kreator favorit juga semakin besar.

Cara membeli Super Chat dan Super Stickers di YouTube

  • Klik ikon dolar yang ada di dalam kolom live chat
  • Pilih salah satu dari opsi Super Chat atau Super Stickers
  • Untuk membeli Super Chat, pilih jumlah tip yang ingin diberikan dengan menggeser slider atau masukkan nilai yang diinginkan
  • Setelah itu tambahkan pesan opsional yang ingin dikirimkan ke kreator
  • Warna dan durasi pesan yang disematkan di bagian atas chat akan berubah tergantung jumlah pembelian
  • Untuk Super Stickers, pilih paket stiker yang kalian suka lalu pilih salah stiker untuk dibeli
  • Setelah selesai memasukkan pesan di Super Chat dan memilih stiker di Super Sticker, klik Beli dan kirim
  • Untuk menyelesaikan pembelian, ikuti petunjuk selanjutnya di layar
  • Pembayaran untuk Super Chat dan Super Stickers bisa dilakukan menggunakan kartu debit/kredit, saldo Google Play, GoPay, ShopeePay, Dana, atau pulsa.

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat membeli Super Chat atau Super Stickers di YouTube. Setelah membeli, ticker hitung mundur akan menunjukkan berapa lama pembelian kalian akan disematkan di bagian atas chat, jika ada.

Kreator dapat mengakhiri live chat atau livestream sebelum waktu di ticker habis. Super Chat dan Super Stickers tidak bisa ditransfer antar video. Pembelian kurang dari USD 5 atau yang setara dalam mata uang lokal tidak akan ditampilkan di ticker.



Simak Video "YouTube Rilis Super Chat-Super Stickers, Kreator Bisa Makin Cuan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT