Belanja Online Mending di Online Shop atau e-Commerce?

Belanja Online Mending di Online Shop atau e-Commerce?

Nurcholis Maarif - detikInet
Jumat, 03 Sep 2021 17:30 WIB
Ilustrasi Belanja Online
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Tren belanja online masyarakat semakin meningkat seiring berjalannya waktu dan diakselerasi dengan pandemi dan pembatasan sosial. Cukup dengan beberapa klik di smartphone, barang yang dibeli bisa sampai ke rumah dengan mudah.

Tak hanya dari sisi konsumen, saat ini penjual juga berbondong-bondong mengalihkan dagangannya lewat online. Sebab selain mengikuti tren pasar yang berkembang, jualan online juga dinilai bisa menekan banyak biaya seperti sewa ruko dan lainnya.

Hal ini juga yang membuat penjual online semakin berjamur. Masyarakat pun dihadapkan banyak pilihan platform untuk berbelanja online, seperti e-commerce dan marketplace hingga online shop. Dilansir dari berbagai sumber, berikut plus minus berbelanja lewat e-commerce dan online shop.

e-Commerce dan marketplace

e-Commerce hanya menjual produk dari website itu sendiri. Beda halnya dengan marketplace yang sebenarnya memiliki konsep yang mirip dengan pasar tradisional, meskipun kini pengertian antara e-Commerce dan marketplace sudah semakin rancu dan mirip di tengah masyarakat.

Pada dasarnya, marketplace menyediakan tempat bagi mereka yang ingin berjualan di website mereka. Di marketplace, kamu bisa menemukan banyak barang dan varian harga dari berbagai toko.

Marketplace juga biasanya memiliki satu sistem terintegrasi dalam hal transaksi keuangan. Bisa jadi sistem ini membuat pembeli merasa lebih aman. Namun, karena ada sistem tersebut pihak marketplace mengambil untung dari penjual sehingga barang yang kamu beli bisa jadi lebih tinggi harganya.

Online Shop

Online shop mengacu pada berbagai toko yang ada pada platform online seperti website, Instagram, Facebook, Twitter, dan WhatsApp. Berbeda dengan marketplace dan e-Commerce, sistem pembayaran keuangan saat berbelanja di online shop dipisahkan dari sistem.

Kamu akan melakukan pembayaran melalui transfer dan kirim bukti pembayaran. Lalu penjual akan mengirim barang ke alamat yang sudah ditentukan. Bisa jadi hal ini lebih ribet, tetapi kamu juga bisa mendapat harga yang lebih kompetitif.

Cara Bayar Belanja Online Lebih Mudah

DANADANA Foto: DANA

Belanja online lewat online shop atau e-Commerce dan marketplace tentu memiliki plus minus sendiri dan hal itu kembali ke preferensi masyarakat. Namun untuk pembayaran belanja online yang lebih mudah dan bebas ribet, masyarakat bisa menggunakan dompet digital DANA.

Sebab DANA bisa digunakan untuk pembayaran maupun transaksi di e-commerce dan online shop serta memberikan proteksi yang lebih aman. Misalnya saat belanja di online shop, masyarakat bisa menanyakan penjualnya terlebih dahulu apakah menggunakan DANA.

Jika iya, kamu pengguna DANA meminta ke penjual untuk mengirim mengirim link untuk pembayaran yang lebih mudah dan aman. Selain itu, ada pilihan lain untuk proses pembayaran, yaitu pengguna DANA bisa transfer ke akun DANA penjual maupun rekening penjual.

Keuntungan lainnya, pengguna DANA bisa menggabungkan pembayaran antara dari saldo DANA dan kartu bank yang sudah didaftarkan lewat DANA. Ini agar pengguna #BebasDrama dan #BebasRibet saat berbelanja online.

Biar belanja makin mudah, yuk download dan pakai DANA sekarang!

(ncm/ega)