Cara Membuat Email Alias di Gmail-Apple Mail, Penting untuk Jaga Privasi

Cara Membuat Email Alias di Gmail-Apple Mail, Penting untuk Jaga Privasi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 23 Agu 2021 22:12 WIB
Email alias
Cara membuat email alias. Foto: PopSci
Jakarta -

Email menjadi salah satu hal krusial dan sudah seharusnya diperhatikan keamanannya. Dengan cara ini, Anda bisa membuatnya terjaga dari hal yang tak diinginkan seperti keamanan data pribadi.

Nah, caranya dengan memakai alias. Email alias adalah alamat alternatif yang masih mengarahkan pesan ke kotak masuk asli Anda. Pada dasarnya, Anda mendapatkan alamat baru tanpa harus repot menyiapkan akun baru dengan keperluan loginnya sendiri. Identitas alternatif ini memiliki banyak kegunaan, termasuk mengatur kotak masuk Anda dan melindungi privasi Anda.

Secara umum, email alias bertindak sebagai 'pintu' ke alamat email utama Anda. Dengan kata lain, apa pun yang dikirim ke variasi alias ini akan tiba di kotak masuk yang sama dengan pesan yang ditujukan untuk alamat utama Anda. Alamat email Anda yang asli akan tetap terjaga kerahasiaannya.

Kira-kira begini caranya agar bisa membuat email alias.

1. Cara membuat alias di Gmail

Mulai dengan masuk ke akun Gmail, pilih 'Settings', klik 'Tab Accounts and Imports', sentuh 'Send Mail As' dan terakhir tekan 'Add Another Email Address Your Own'.

2. Cara membuat alias di Apple Mail

Di Mail iCloud.com, klik bagian 'Pengaturan' lalu pilih 'Preferensi'. Klik 'Akun' dan sentuh 'Tambahkan nama alias'. Nama alias harus terdiri dari 3 hingga 20 karakter. Pilih 'Oke' dan klik 'Selesai'.

3. Cara membuat alias di Outlook (akun Microsoft Mail)

Masuk ke akun Microsoft Anda. Masuk ke 'Tambahkan alias'. Di bawah 'Tambahkan alias', lakukan salah satu hal berikut ini:

  • Membuat alamat email Outlook.com yang baru dan menambahkannya sebagai alias.
  • Menambahkan alamat email yang sudah ada sebagai alias.
  • Lalu, jangan lupa klik 'Tambahkan alias'.

Oh iya, sebagai catatan, Anda tidak bisa menambahkan alamat email yang terkait dengan akun kerja atau sekolah sebagai alias. Alias atau alamat email hanya bisa berisikan huruf, angka, titik (.), garis bawah (_) atau garis putus/tanda hubung (-). Spasi dan karakter khusus lainnya tidak diperbolehkan.

Selain itu, alamat Hotmail, Live, Outlook.com, dan MSN yang sudah ada tidak bisa ditambahkan sebagai alias, dan Anda tidak bisa menambahkan alias yang sudah terkait dengan akun Microsoft lain.



Simak Video "Beda YouTube Shorts dengan TikTok dan 'Reels' Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)