Tips Sukses UMKM Kuliner Ala Desire Tarigan dan Grumpy Kitchen

Tips Sukses UMKM Kuliner Ala Desire Tarigan dan Grumpy Kitchen

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 13 Agu 2021 21:42 WIB
desiree tarigan
Tips bisnis kuliner dari Desiree Tarigan Founder Mamitoko dan Teresa Tanubrata Founder Grumpy Kitchen. Foto: Instagram @mamitoko
Jakarta -

Desiree Tarigan yang terkenal Mamitoko-nya serta founder Grumpy Kitchen Teresa Tanubrata membagikan tips supaya UMKM kuliner bisa berkembang dan disukai banyak orang. Dalam acara 'Vers Taste: Merayakan Kreasi Cita Rasa Indonesia x Nutrisari', mereka membagikan pengalamannya.

Desiree yang akrab disapa Mami ini mengaku dirinya bukan chef profesional. Akan tetapi dirinya mau belajar. Desiree tidak ragu untuk mencoba resep buatannya. Referensinya banyak, dari Indonesia sampai makanan internasional.

"Kadang kalau kita kan dekat sama yang Kuasa, biasanya suka tuh dikasih ide yang kadang nggak kepikir, iya juga kok bisa ya?" ujar Desiree dalam acara online, Jumat (13/8/2021).

Ia pun mengatakan bahwa tips bertahan di bisnis kuliner adalah dengan terus mengasah kreativitas. Siapa pun bisa untuk kreatif asalkan selalu fokus dan yakin usahanya akan berkembang. Jangan takut juga untuk trial and error. Bagi ibu-ibu yang usahanya makanan tradisional pun tetap bisa menyalurkan kreativitasnya.

"Jadi kalau makanan jadul biasanya pertama lihat aslinya kayak apa, kreasi internasional apa, kita gabung. Tapi harus edible dan tahan berapa lama, yang cepat basi bahannya mungkin bisa diganti dengan yang mirip atau diproses sehingga tidak perlu pengawet," jabarnya.

Teresa Tanubrata Founder of Grumpy Kitchen juga menuturkan hal yang sama. Kreativitas menurutnya adalah hal yang terpenting. Ditambah, penampilan makanan harus ditingkatkan sehingga bisa terlihat kelezatannya.

"Apa tips teman pebisnis UMKM supaya makanan cocok di lidah anak muda? Ini, aku, personally nggak pernah mikir makanan yang khusus anak muda apa orangtua. Kita mau coba pastikan ini enak untuk semua, kalau bisa anak pun bisa dan jangan di-limit," saran Teresa.

Buat kalian yang punya usaha di bidang kuliner khususnya tradisional, jangan ragu untuk terus berinovasi dengan menyuguhkan hal-hal yang baru. Caranya? Anda sendiri yang tahu.



Simak Video "Desiree Minta Hotma Sitompul Berhenti Ciptakan Konflik Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)