Cara Agar Tidak Dimasukkan ke Grup WhatsApp Tanpa Izin

Cara Agar Tidak Dimasukkan ke Grup WhatsApp Tanpa Izin

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 02 Agu 2021 19:49 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Cara Agar Tidak Dimasukkan ke Grup WhatsApp Tanpa Izin Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Grup WhatsApp merupakan fitur yang memudahkan pengguna untuk tetap terhubung bersama keluarga dan teman dalam satu tempat. Tapi kadang ada teman atau orang tidak dikenal yang memasukkan kita ke grup tanpa izin, dan ini kadang cukup mengganggu.

Grup ini kadang dibuat tanpa sepengetahuan anggotanya dan digunakan untuk hal yang mungkin kurang penting. Banyak pengguna WhatsApp yang merasa tidak nyaman saat ditambahkan ke grup tanpa izin, tapi juga tidak berani meninggalkan grup karena merasa tidak sopan.

Untungnya ada cara mudah untuk mencegah agar tidak dimasukkan ke grup WhatsApp secara sembarangan. Sejak tahun 2019, WhatsApp sudah meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa saja yang boleh memasukkan mereka ke grup.

Berikut ini cara mencegah dimasukkan ke grup WhatsApp oleh orang lain secara sembarangan, seperti dikutip dari Gadgets 360, Senin (2/8/2021).

  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu ketuk menu tiga titik yang ada di pojok kanan atas.
  • Ketuk opsi Settings lalu ketuk Account.
  • Ketuk opsi Privacy > Groups. Di sini akan ada tiga opsi yaitu Everyone (opsi default), My Contacts dan My Contacts Except.
  • Jika memilih opsi Everyone, maka semua pengguna WhatsApp yang memiliki nomor telepon kalian bisa memasukkan kalian ke grup tanpa persetujuan.
  • Jika memilih opsi My Contact, maka pengguna yang boleh memasukkan kalian ke grup WhatsApp adalah mereka yang nomornya sudah tersimpan di kontak kalian.
  • Jika memilih opsi My Contacts Except, kalian bisa memilih secara manual siapa nomor di kontak yang tidak boleh memasukkan kalian ke dalam grup tanpa izin.

Perlu diingat bahwa pengguna yang sudah membatasi siapa saja yang boleh memasukkan mereka ke grup WhatsApp tetap bisa dimasukkan lewat undangan pribadi.

Pengguna akan menerima link khusus dari pengguna yang mengirim undangan, yang berisi informasi dasar tentang grup tersebut. Pengguna bisa bergabung ke grup lewat link tersebut, dan link akan berlaku selama 72 jam.

Kalau yang sudah terlanjur masuk ke dalam grup WhatsApp yang tidak diinginkan tapi galau untuk keluar dari grup, kalian bisa mute grup atau masukkan ke dalam Archive agar chat dan notifikasinya tidak lagi mengganggu.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur Baru: Kirim Foto Jadi Stiker"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)