Langkah-langkah Merawat PC Anda dengan Baik

Langkah-langkah Merawat PC Anda dengan Baik

Sponsored - detikInet
Senin, 02 Agu 2021 11:28 WIB
Ilustrasi pembersihan PC
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Komputer merupakan alat yang sering kita gunakan baik dalam kegiatan perkantoran maupun agar para mahasiswa dapat mengoperasikan komputer dengan baik. Sudah menjadi kewajiban pengguna sekaligus pemilik komputer untuk merawat dan membersihkannya dengan baik dan benar agar hasilnya juga benar.

Pembersihan bertujuan agar perangkat komputer tidak rusak saat digunakan. Apalagi saat ini sudah banyak perangkat komputer portable yang bisa dibawa ke mana-mana membuatnya semakin menjadi primadona banyak orang.

Tentunya seseorang yang memiliki personal computer (PC) atau laptop berharap agar perangkat tersebut tetap dalam kondisi baik dan juga tahan lama.

Tips cerdas merawat komputer dengan benar menjadi pokok bahasan yang akan dibahas tuntas kali ini. Dampak positif jika Anda merawat komputer dengan baik dan benar adalah komputer akan lebih awet dan terhindar dari gangguan yang dapat merusak komputer.

Jika memiliki komputer sudah sepantasnya kita merawatnya dengan baik. Perawatan sangat penting, bertujuan agar komputer tetap optimal dalam pengoperasiannya.

Sebelum itu, ketahui dulu apa yang bisa mempengaruhi kinerja pada laptop. Pertama, kualitas komputer merupakan faktor utama yang mempengaruhi kinerja komputer.

Biasanya harga komputer mahal dan merek terkenal akan cenderung lebih baik, tetapi tidak selalu yang mahal itu baik dan tidak selalu yang murah itu buruk, tetapi di sini untuk pengaruh utama, kualitaslah yang mempengaruhi.

Kedua, cara perawatan, bagi pemilik komputer hal yang perlu diperhatikan adalah perawatan komputer. Untuk informasi lainnya tentang komputer Anda bisa mengunjungi charis.id.

Pemeliharaan komputer sangat penting dalam fungsi dan dampaknya, semakin rajin kita membersihkan dan merawat komputer, semakin baik kinerja komputer.
Cara Merawat Komputer dengan Baik

Dari kedua faktor di atas, kita semua tahu kualitas dan perawatan mempengaruhi kinerja PC. Berikut ini tips merawat dan membersihkan komputer atau laptop dengan baik.

1. Perhatikan Aliran Udara PC Anda

Pasokan udara pada komputer atau laptop sangatlah penting. Karena masing-masing gadget tersebut akan mengeluarkan panas jika digunakan beberapa lama. Ketika pasokan udara berjalan dengan baik, suhu komputer Anda menjadi teratur.

Jika PC atau komputer terus mengalami suhu tinggi (overheat) maka ada risiko kerusakan pada hardware seperti tiba-tiba mati, blue screen, atau lainnya. Biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan pada hardware biasanya akan lebih mahal.

Agar panas bisa diatasi gunakan heatsink yang memiliki kualitas bagus. Selain itu, bersihkan kipas saat merawat laptop atau PC secara rutin. Anda juga perlu mengganti thermal paste pada prosesor. Hal ini perlu dilakukan pada tahun kedua komputer atau laptop yang telah Anda beli.

2. Pembaruan Perangkat Lunak dan Driver

Kebanyakan pengguna PC komputer tidak memperhatikan software atau driver yang digunakan. Padahal dua hal ini sangat penting karena bisa membantu PC Anda selalu bekerja maksimal. Karena ada kalanya software yang Anda install tidak bisa digunakan jika OS yang Anda miliki tidak diupdate terlebih dahulu.

Salah satu cara merawat komputer atau PC adalah dengan melakukan update secara berkala, minimal setiap dua bulan sekali. Karena pada saat itu Windows, Mac atau yang lainnya sudah melakukan update terbaru. Pembaruan ini berfungsi untuk memperbaiki bug, meningkatkan kinerja perangkat lunak, meningkatkan perlindungan, dan lainnya.

3. Hindari menggunakan PC saat hujan

Jika sedang hujan atau akan turun hujan sebaiknya komputer dimatikan terlebih dahulu agar tidak tersambar petir. Apalagi jika komputer terhubung dengan wireless atau modem, segera matikan komputer dan jaringan internet dengan baik agar tidak tersambar petir.

4. Ganti Prosesor Thermal Paste dan VGA Secara Berkala

Langkah terpenting dalam perawatan komputer selanjutnya adalah mengganti paste prosesor secara berkala. Paste atau thermal paste biasanya akan mengering saat digunakan, oleh karena itu agar komputer tidak overheat, thermal paste harus diganti.

Thermal paste bisa didapatkan di hyperstore atau toko komputer. Harganya bervariasi tergantung kualitasnya, mulai dari 20 ribu hingga ratusan ribu.
Selain pasta prosesor, pasta VGA atau GPU juga perlu diganti. Untuk mengganti thermal paste VGA, lepas dulu kipas heatsink yang terpasang.

5. Membersihkan Debu yang Menempel pada Komponen PC

Setelah melakukan beberapa cara di atas, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan semua komponen yang masih menempel, seperti hard disk, power supply, LAN card, VGA, dan beberapa komponen kotor lainnya.

Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat yang lembut, bersihkan dengan hati-hati karena biasanya komponen ini rawan tergores atau tertekuk.
Nah, itulah tata cara perawatan komputer yang benar agar komputer awet dan tahan lama. Pastikan Anda selalu melakukan perawatan rutin agar software dan hardware komputer selalu dalam kondisi prima. Semoga tips singkat ini bermanfaat untuk Anda.

(Content Promotion/Feritekno)