7 Cara Atur Privasi di WhatsApp, Anti Stalker!

7 Cara Atur Privasi di WhatsApp, Anti Stalker!

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 02 Jun 2021 18:15 WIB
Ilustrasi perempuan menggunakan ponsel
Ilustrasi privasi terganggu di WhatsApp (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak orang seperti ingin tahu segala urusan kita di WhatsApp, sampai mengganggu kenyamanan. Saatnya Anda mengatur privasi sendiri.

Terkadang, kita ingin WhatsApp menjadi lebih tenang dari gangguan orang lain. Mulai dari yang menanyakan sudah membaca pesan atau belum, sampai mengomentari foto profil kita.

Ih, sebel banget sama orang kepo dan stalking begitu kan. Jika itu yang Anda rasakan, sudah saatnya meningkatkan privasi di aplikasi WhatsApp. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Rabu (2/6/2021).

Cara atur privasi di WhatsApp:

1. Menghilangkan pesan

Ada chat mengganggu yang tidak mau Anda lihat lagi? Aktifkan Diappearing Messages. Caranya di aplikasi WhatsApp buka chat > klik nama orangnya di bagian atas chat > keluar profil akun, klik Disappearing Messages > Pilih On.

2. Mematikan Last Seen

Mungkin Anda lelah dengan pertanyaan, "Kok kamu nggak buka WhatsApp?" Matikan saja fitur Last Seen. Orang lain tak bisa melihat kapan kamu terakhir cek WhatsApp, dan kebalikannya juga.

Caranya di aplikasi WhatsApp klik Settings > Account > Privacy > Last Seen > ubah jadi Nobody.

3. Mematikan centang biru

Centang biru, yang artinya sudah membaca pesan, justru malah mengganggu privasi. Kalau tidak dibalas, disangka cuek atau sombong. Padahal kenyataannya, bisa saja kita lagi sibuk dengan urusan lainnya.

Agar privasi terjaga, matikan saja centang biru. Caranya di aplikasi WhatsApp klik Settings > Account > Privacy > Matikan Read Receipts.

Jika sudah dimatikan, orang lain tidak akan tahu Anda sudah membaca pesan atau belum. Hal yang serupa juga berlaku sebaliknya.

4. Cegah orang lain lihat pesan di WhatsApp Anda

Kadang, ada saja momen HP Anda dipakai orang lain dan Anda khawatir ada pesan masuk dan ketahuan dari siapa. Terkadang bisa jadi bahan keributan nih. Anda bisa mematikan notifikasi pesan masuk.

Caranya dari WhatsApp klik Setting > Notifications > Matikan tombol Use High Priority Notifications.

5. Menyembunyikan foto profil

Jengah dengan orang yang mengomentari foto profil Anda? Sembunyikan saja. Anda bisa mengatur foto profilnya bisa dilihat oleh siapa saja.

Caranya di aplikasi WhatsApp klik Settings > Account > Privacy > Profile Photo > pilih antara Everyone, My Contacts, atau Nobody sesuai kebutuhan.

6. Blok kontak WhatsApp

Kalau ada satu kontak yang sudah sedemikian mengganggu privasi Anda, di-blok saja sekalian. Caranya di aplikasi WhatsApp buka Chat orang tersebut > tap kontak orang tersebut di bagian atas chat > keluar profil kontaknya > scroll ke bawah dan pilih Block Contact.

7. Stop foto dan video muncul di galeri

Orang-orang mengirimi kita foto atau video tanpa kita minta atau butuhkan, biasanya karena faktor grup WhatsApp. Mungkin malah ada foto dan video yang mengganggu, misalnya karena hoax.

Apesnya, foto dan video itu ikut muncul di galeri kita. Tapi Anda bisa mencegah hal itu terjadi.

Caranya dari aplikasi WhatsApp buka Settings > Chats > matikan tombol Show Media in Gallery.

Semoga Anda bisa lebih nyaman memakai WhatsApp tanpa gangguan privasi lagi. Selamat mencoba ya!



Simak Video "WhatsApp Kini Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus, Berikut Faktanya..."
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)