Tips Merekam Video Bagus Pakai HP, Kamu Wajib Coba Nih!

Fotografi Ponsel

Tips Merekam Video Bagus Pakai HP, Kamu Wajib Coba Nih!

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 18 Apr 2021 16:22 WIB
Selfie dengan smartphone
Tips Merekam Video Bagus Pakai HP, Kamu Wajib Coba Nih! (Foto: dok. OPPO Indonesia)
Jakarta -

Siapa bilang merekam video menggunakan kamera handphone hasilnya jelek? Semakin berkembangnya teknologi, fungsi dari handphone sendiri menjadi lebih fleksibel lho.

Tidak hanya untuk mengirim pesan teks atau melakukan panggilan saja. Fitur kamera yang disematkan pada handphone berfungsi untuk mengabadikan momen penggunanya, baik berupa foto ataupun video. Belum lagi kehadiran ponsel pintar atau smartphone yang mendukung kamera dan beberapa fitur berkualitas lainnya untuk foto dan merekam video.

Namun, bagaimana seseorang bisa menghasilkan video yang bagus hanya menggunakan handphone?

Berikut tips merekam video yang bagus menggunakan handphone seperti dirangkum oleh detikINET dari berbagai sumber, Minggu (18/4/2021):

1. Atur Resolusi

Sebelum merekam, pastikan setting-an resolusi video kalian tinggi. Beberapa kamera handphone saat ini sudah sanggup merekam video dalam resolusi full HD atau bahkan 4K.

Menggunakan kemampuan dari kamera dengan resolusi yang tinggi, bisa menghasilkan video yang lebih jelas, tajam dan jernih. Jadi pastikan kalian sudah mengaturnya sebelum merekam.

2. Gunakan Tripod

Untuk hasil yang lebih maksimal, usahakan merekam video dengan stabil pakai tripod. Tujuannya agar hasil video yang direkam tidak blur dan tidak menghasilkan guncangan.

Hal ini bertujuan agar mempermudah menangkap objek yang bergerak, karena bila hanya mengandalkan handphone dan kekuatan tangan saja, tentu sangat sulit. Jadi penggunaan tripod akan membantu detikers menghasilkan video yang lebih stabil. Sehingga hasilnya tetap jelas walaupun nantinya objek tersebut bergerak.

3. Gunakan Fitur Handphone

Sebenarnya tidak semua handphone memiliki fitur khusus untuk merekam video seperti gyroscope atau Super Steady. Namun bila handphone kalian sudah memilikinya, ini akan sangat membantu mengambil gambar yang bergerak cepat.

Mengkombinasikan fitur Super Steady atau gyroscope dengan tripod, bisa menghasilkan video yang lebih stabil dan jelas. Karena selain dapat mengambil objek yang bergerak cepat, beberapa fitur tersebut mampu mengurangi guncangan pada handphone ketika merekam gambar.

4. Cahaya Sangat Penting

Tips sederhana lainnya untuk membuat kualitas video lebih baik yaitu pencahayaan. Karena sebagus apapun kamera handphone yang kalian miliki, bila tidak ada cahaya di tempat kalian merekam video, maka hasilnya pun tidak jelas.

Jadi hal penting lainnya yang perlu diperhatikan yakni pastikan kalian memiliki pencahayaan yang cukup. Tidak perlu terlalu terang, sesuaikan saja dengan kebutuhan video kalian.

5. Audio Harus Jelas

Memang banyak handphone yang memiliki audio bawaan yang bagus. Namun untuk memberikan hasil yang maksimal, ada baiknya menggunakan microphone tambahan.

Hal ini mengingat banyak suara lain di sekitar kita yang nantinya ikut terekam. Sehingga penggunaan microphone pada handphone sangat penting.

Microphone bisa menangkap suara dengan baik dan menghasilkan output suara yang lebih jernih. Jadi kalian tidak perlu bersusah payah menghilangkan noise audio ketika melakukan proses editing.

6. Baterai yang Awet

Sebelum melakukan proses perekaman, pastikan baterai handphone kalian terisi penuh. Jangan sampai ketika sedang mengambil gambar, handphone yang digunakan mati mendadak.

Bila baterai terisi penuh, maka detikers bisa mengambil stok footage yang lebih banyak. Hal ini nantinya juga sangat membantu lho saat proses editing video.

Bagaimana detikers, mudah sekali ya merekam video bagus menggunakan kamera handphone? Berarti kalian sudah siap dong menjadi konten kreator di Youtube?



Simak Video "Terus Merugi, Bisnis Smartphone LG Gulung Tikar"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)