Cara Masuk ke Halaman Pertama Google untuk Konten

Cara Masuk ke Halaman Pertama Google untuk Konten

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 18 Mar 2021 15:08 WIB
Ilustrasi menggunakan komputer
Cara membuat konten berada di halaman pertama Google. Foto: Pinterest
Jakarta -

Mendapatkan konten kita berada di halaman pertama Google ternyata gampang-gampang susah. Konten tersebut bisa berupa profil profesional kamu seperti LinkedIn, blog, atau halaman penjualan produk di suatu e-commerce dan media sosial.

Dalam acara SEOCon Jakarta 2021 Day-1, Rabu (17/3/2021), Yosef Abas Founder of SekolahPebisnis membagikan tips membuat posisi konten berada di halaman pertama Google dan search engine lainnya.

Pertama-tama, ia menjelaskan bahwa untuk meningkatkan awareness produk, kamu harus memanfaatkan baik dari search engine optimization (SEO) dan juga media sosial. Keduanya harus sama baiknya.

"Orang saat ini tidak hanya menggunakan Google untuk mencari info dari sebuah brand tapi juga search engine di platform lain seperti social media," tuturnya.

Yang jadi catatan, biasanya di Google pun orang akan mencari informasi suatu brand setelah menelusuri media sosial. Ini berarti kedua-duanya sangat penting sehingga brand awareness bisa sampai pada market yang tepat, di waktu yang tepat dan berujung pada konversi brand.

Ia menekankan, brand yang baik harus mengombinasikan kedua hal tersebut, baik social media marketing maupun SEO. Dalam social media marketing, memang ditemukan tren yang ada sering kali berbeda dengan yang ada di SEO. Meskipun begitu, pada akhirnya penting mengombinasikan keduanya.

"Faktanya, Google tidak menganggap angka share atau followers di media sosial memberikan dampak pada web poverty atau website. Tetapi brand yang punya authority yang baik di search engine, biasanya memiliki social signal yang kuat juga di media sosial. Jadi brand yang awareness-nya kuat pasti memiliki kekuatan di dua-duanya," jelasnya.

Yosef pun menerangkan ada hal-hal yang membuat halaman dipandang menjadi prioritas di dalam search engine:

1. Link popularity (22%)
2. Domain trust (24%)
3. Anchor text of external links (21%)
4. On page optimization (15%)
5. Domain registration and hosting (7%)
6. Traffic and visitor performance (6%)
7. Social media (5%)

"Yang bisa kita lihat, komposisi media sosialnya hanya 5% jadi tidak terlalu besar. Tapi, yang kadang kita lupa, komposisi ini semua berfungsi menaikkan search engine result page kita," tutup Yosef.



Simak Video "Agensi Seo Ye Ji Bantah Artisnya Manipulasi Sikap Kim Jung Hyun"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)