10 Tips Belanja Online Paling Benar Mumpung Harbolnas 12.12

10 Tips Belanja Online Paling Benar Mumpung Harbolnas 12.12

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 12 Des 2020 12:04 WIB
Ilustrasi belanja online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 baru jalan setengah hari. Masih banyak waktu untuk belanja, tapi kamu harus tahu taktik jitunya.

Saat Harbolnas 12.12 ada banyak promo diskon menarik. Godaannya bisa bikin kamu kalap belanja. Tapi apa iya kamu sudah mendapatkan harga terbaik?

Jangan-jangan kamu kena jebakan diskon palsu. Nah, biar nggak sakit hati saat Harbolnas 12.12, detikINET menghimpun 10 tips belanja online yang paling benar:

Tips belanja online paling jitu:

1. Cek dulu punya uang berapa

Mumpung masih siang nih, cek dulu kamu punya budget berapa. Berapa uang yang mau dibelanjakan hari ini? Harbolnas 12.12 masih berlangsung sampai malam nanti, dan beberapa lanjut sampai esok dan lusa.

Pertimbangan apakah kamu punya pengeluaran lain untuk momen libur panjang Natal dan Tahun Baru nanti. Cobalah untuk berpatokan pada batas budget yang akan dikeluarkan.

2. Pikirkan alasan belanja online

Jangan belanja saat Harbolnas 12.12 karena ikut-ikutan, rugi. Coba pikirkan alasan belanja online. Coba pikirkan apa yang menjadi kebutuhan saat ini.

Barang-barang apa yang kamu perlukan tapi tidak punya, sehingga harus beli. Mulailah berpikir dari situ.

3. Buat daftar belanja prioritas

Banyak godaan untuk Harbolnas 12.12, kalau tidak hati-hati kamu malah akan beli barang yang tidak kamu butuhkan. Oleh karena itu, setelah memikirkan alasan belanja online dan memikirkan barang apa yang diperlukan, segera bikin daftar belanja prioritas.

Jelajahi aneka promo e-commerce untuk membeli barang belanja prioritas. Setelah itu kalau masih ada uang lebih, barulah cari barang lain.

4. Selektif pilih toko online

Bukan cuma e-commerce besar, toko-toko online kecil bahkan yang lewat WhatsApp dan Instagram juga menawarkan banyak promo. Selektiflah dalam memilih toko online. Jangan membeli dari yang abal-abal atau sering dapat review buruk.

5. Hati-hati trik diskon palsu

Jangan tergiur melihat angka harga yang mahal, dicoret, lalu diberi angka baru yang murah banget. Banyak trik diskon palsu dengan melambungkan harga awal, supaya diskonnya tampak besar.

Kalau kamu biasa belanja online, pasti bisa lebih mudah mendeteksi ini. Barang X kemarin harga awalnya sekian, kok saat Harbolnas 12.12 harga awalnya dinaikan, lalu dikasih diskon besar. Padahal sebenarnya diskon sedikit saja.

6. Jangan kalap, survei harga dulu

Jangan belanja spontan, tapi survei harga dulu. Untuk barang yang kamu cari, cek dulu di beberapa pelapak, dan lintas e-commerce.

Tujuannya supaya kamu mendapatkan harga terbaik. Jangan sampai menyesal sudah beli barang, tahunya ada yang menjual lebih murah lagi. Seperti ucapan khas belanja online: cek dulu toko sebelah.

7. Cek jam promosi

Terkadang suka ada flash sale di jam-jam tentu saat Harbolnas 11.11 dari e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, JD.ID, BukaLapak, dan lainnya. Pastikan kamu menyimak jam-jam tertentu untuk mendapatkan diskon barang yang sudah kamu incar lama.

8. Cek promosi barang sesuai kategori

Di e-commerce besar, ada berbagai kategori yang disediakan. Dari sini, kamu bisa memantau berbagai diskon sekaligus tetap bisa fokus pada kebutuhan kamu saat ini. Ketika ingin belanja baju bayi misalnya, pastikan kamu memilih kategori yang sesuai saat berburu diskon.

9. Teliti membeli barang

Ada banyak barang yang mirip, ada banyak barang yang cuma beda tipis. Oleh karena itu, telitilah dalam membeli barang. Karena, tantangan belanja online adalah tidak bisa melihat secara langsung barangnya.

Foto bisa menipu, warna-warna belum tentu sesuai aslinya. Coba bandingkan barang yang sama di beberapa pelapak sekaligus. Baca deskripsi barang dengan seksama. Jangan sampai misalnya, kamu kecewa membeli baju yang ukurannya tidak pas, gara-gara kamu lupa cek ukurannya.

10. Pertimbangkan kelebihan lainnya

Selain harga yang miring dan diskon yang tinggi, rasanya makin hemat dan menyenangkan untuk mendapatkan produk yang juga gratis ongkir. Ada juga promosi yang menghadirkan 'buy 1 get 1 free'.

Dengan segala kelebihan ini, kamu bisa mendapatkan barang idaman saat promo Harbolnas 12.12 dengan menghemat uang lebih. Lumayan kan?



Simak Video "Tips Anti Kalap Hadapi Promo 12.12 Harbolnas"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/ask)