Tips Jadi YouTuber Gaming yang Sukses

Tips Jadi YouTuber Gaming yang Sukses

Irna Gayatri - Content Writer RRQ - detikInet
Kamis, 10 Des 2020 19:55 WIB
Ilustrasi Esports
Tips jadi YouTuber gaming (Foto: Screen Post via Unsplash/RRQ)
Jakarta -

Selain jadi pro player, banyak juga gamers yang ingin jadi content creator. Alasannya sederhana, hanya perlu duduk di depan komputer untuk main game lalu meng-upload konten di media sosial seperti Instagram, Facebook, atau YouTube, content creator bisa mendapatkan uang.

Menggiurkan, tentu saja. Namun, tak banyak yang tahu bahwa di balik kesuksesan itu ada usaha yang tidak instan. Kalau kalian mau jadi content creator gaming yang sukses, kalian bisa simak tips berikut ini.

Tips jadi YouTuber gaming:

1. Rencanakan konsep dan siapkan peralatan

Kalian harus membuat perencanaan yang matang, mulai dari game apa saja yang akan kalian mainkan, topik apa saja dari game itu yang bisa dibahas, hingga penetapan target. Misanya saja, sejak awal meng-upload video kalian sudah merencanakan harus bisa dapat 10.000 subscribers dalam waktu setahun.

Kenapa perencanaan ini penting? Supaya kalian bisa fokus mengembangkan channel kalian dan mendulang banyak penonton serta subscribers di masa depan. Tanpa subcribers dan penonton, akun kalian tidak akan berkembang dan kemungkinan untuk menghasilkan uang dari menjadi content creator juga akan jauh dari kenyataan.

Selain itu, peralatan yang mumpuni juga penting. Tidak harus yang mahal dan serba canggih, minimal kalian punya laptop atau PC dengan aplikasi edit video dan edit gambar, kamera yang cukup jernih, ditambah headphone atau microphone untuk mereka suara kalian. Kalau ini sudah kalian miliki, kalian sudah bisa mulai merintis karier jadi content creator.

2. Rancang persona

Persona ini bisa dibilang adalah kepribadian yang mau kalian tunjukkan kepada penonton atau pengikut kalian. Bukan berarti pencitraan, ya. Persona ini bisa jadi ciri khas dan gaya unik kalian yang nantinya akan membuat para penonton mengingat kalian dan mau mengikuti channel kalian. Dari sekian banyak akun gaming di Indonesia, kamu tak akan bisa menonjol kalau tak memiliki persona ini.

MiawAug, misalnya, selalu melolong di awal videonya. Itu juga bagian dari personanya. Donkey BAR BAR yang selalu bicara tanpa filter, itu juga persona yang akan mengingatkan kalian kepada kedua gamers ini dan channel YouTube mereka. Nah, kalian pun harus bisa menemukan persona kalian ini supaya jadi ciri khas kalian.

Halaman selanjutnya: editing dan komunitas...



Simak Video "Ingin Jadi Kreator Konten? Berikut Cara Gaet Viewers di YouTube"
[Gambas:Video 20detik]