Tips Baterai HP Awet dan Anti Bocor - Halaman 2

Serba-serbi Baterai HP

Tips Baterai HP Awet dan Anti Bocor

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 21 Nov 2020 13:37 WIB
Ilustrasi smartphone
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

6. Kurangi waktu penguncian layar

Semakin cepat layar terkunci dan tidak menyala, baterai HP kamu akan menjadi lebih awet. Atur waktu kunci layar menjadi sesingkat mungkin, misalnya 15 detik.

7. Matikan notifikasi dan auto-sync

Untuk melakukannya, masuk ke menu Settings kemudian pilih Accounts. Setelah itu, klik toggle Auto sync data hingga berubah menjadi abu-abu dan tidak aktif. Jika ingin lebih ekstrem, aktifkan mode Do Not Disturb untuk menghentikan notifikasi masuk ke ponsel.


8. Aktifkan mode power saving

Mode ini bisa membatasi kinerja prosesor dan menurunkan tingkat kecerahan layar di smartphone, sehingga tenaga yang tersisa di baterai difokuskan untuk fungsi-fungsi yang penting saja. Cara mengaksesnya di setiap smartphone mungkin berbeda, tapi pada umumnya kamu bisa mengaktifkan mode ini dengan masuk ke aplikasi Settings kemudian Battery, atau Settings kemudian Device maintenance kemudian Battery.

9. Jangan pakai HP untuk penerangan

Meski sedang mati lampu dan baterai ponsel masih penuh, kamu harus mempertimbangkan untuk tidak memakai senter dengan HP karena ini akan menghabiskan banyak daya dengan cepat. Gunakan sumber penerangan lain, jangan pakai HP milik kamu.

(ask/fay)