5 Cara Jitu Amankan Akun WhatsApp

Dunia WhatsApp

5 Cara Jitu Amankan Akun WhatsApp

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 01 Nov 2020 13:09 WIB
WhatsApp
5 Cara Jitu Amankan Akun WhatsApp. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

WhatsApp jadi sasaran empuk para pelaku kejahatan cyber. Pengguna pun harus waspada dan menerapkan cara amankan akun WhatsApp.

Pengamanan akun WhatsApp sangat penting karena berbagai penipuan, penyebaran hoax, hingga penyebaran pesan bermuatan malware ada di WhatsApp. Untuk membantu pengguna melindungi diri sebaik mungkin, tim WhatsApp merilis 5 cara amankan akun WhatsApp seperti dilihat dari situs resminya, Minggu (1/11/2020)

Cara Mengamankan Akun WhatsApp:


1. Two-step verification (verifikasi dua langkah)

Verifikasi dua langkah adalah lapisan keamanan tambahan untuk akun. Kalian akan diminta membuat pin yang terdiri dari 6 digit nomor dan WhatsApp akan memintanya ketika melakukan reset atau verifikasi akun.

2. Update pengaturan privasi profil

Kalian bisa mengontrol berapa banyak orang yang bisa melihat Last Seen, foto profil dan status kalian di WhatsApp. Untuk mengganti pengaturan ini, kalian bisa masuk ke Settings - Privacy.

3. Atur pengaturan privasi group chat

Manfaatkan fitur ini untuk mengontrol siapa yang bisa menambahkan kalian ke sebuah grup WhatsApp. Caranya, masuk ke Settings di WhatsApp - Account Privacy Groups dan pilih satu dari tiga opsi ini: Everyone, My Contacts, atau My Contacts Except.

My Contacts artinya hanya orang-orang yang ada di kontak kalian yang bisa menambahkan ke grup WhatsApp. My Contacts Except, artinya kontrol tambahan untuk pengecualian orang yang sudah ada di kontak kalian.

4. Kunci dengan Touch ID atau Face ID

Kalian bisa memutuskan apakah ingin WhatsApp secara otomatis segera mengunci ketika tidak digunakan, atau setelah selang waktu beberapa lama tidak aktif. Touch ID (menggunakan sidik jari) atau Face ID (dengan pengenalan wajah) adalah fitur keamanan tambahan yang penting.

5. Update WhatsApp secara berkala

Cara amankan WhatsApp terakhir adalah dengan rajin mengupdate aplikasi. Update aplikasi selalu membawa fitur keamanan baru. Jika ponsel tidak disetting untuk auto-update, kalian perlu mengupdate aplikasi secara manual dengan mengunjungi toko aplikasi Google Playstore atau App Store, cari WhatsApp, dan tap 'update'.



Simak Video "Kebijakan Baru WhatsApp 'Paksa' Pengguna Bagikan Data ke Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)